Clean Bandit, 'CLEAN EYES,' Padukan Klasik dan Modern

Minggu, 27 Juli 2014 11:00 | 

Clean Bandit

Clean Bandit, 'CLEAN EYES,' Padukan Klasik dan Modern
Ilustrasi





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Banyaknya grup electronic dance music yang bermunculan membuat mereka harus menampilkan sesuatu yang berbeda. Seperti halnya Clean Bandit yang memproklamirkan diri sebagai pengusung classical-electronic dengan adanya unsur biola live dalam musiknya.

Perpaduan yang cukup unik dan bisa dibilang masih belum ada yang melakukan hal serupa, Clean Bandit berani menampilkan arransemen seperti ini. Dua single sudah ditebar Rather Be dan Extraordinary yang mendapat sambutan bagus. Clean Bandit pintar dalam membuat lagu pop yang bagus, lantas bagaimana dengan materi lainnya?

Sayangnya ada beberapa materi yang tidak bisa mengimbangi hebatnya Extraordinary dan Rather Be. Bahkan track pertama, Mozart House nyaris gagal dalam memberikan kesan, untungnya diselamatkan oleh Extraordinary yang ditaruh pada nomor dua. Extraordinary adalah contoh sempurna di mana lagu tersebut sangat mudah sekali diingat baik dari piano, vokal hingga gesekan biola yang sangat ngepop.

Begitu halnya single Rather Be yang komposisinya benar-benar brilian. Hook piano dan biola di awal lagu, serta part chorus yang berhasil menancap di benak pendengarnya. Pantas saja Clean Bandit segera menyeruak di radar ketika Rather Be dipilih sebagai single pertama.

Meski arransemen benar-benar berbeda, sayangnya banyak sekali ketimpangan di album ini. Beberapa lagu terkesan dibuat tidak matang dan seolah-olah terburu-buru. Clean Bandit seakan kurang memberikan mojo seperti pada kedua single tadi.

Namun secara keseluruhan, bukan berarti New Eyes tak layak untuk didengarkan. Racikan klasikal electronica ini sangat pas bagi kalian yang tengah berelaksasi di tengah padatnya rutinitas atau asyik membelah lalu lintas. Album New Eyes juga bisa disimak di iTunes (Klik di sini)

Tracklist:
01. Mozart House
02. Extraordinary
03. Dust Clears
04. Rather Be
05. A&E
06. Come Over
07. Cologne
08. Telephone Banking
09. Up Again
10. Hgain
11. Heart On Fire
12. Birch
13. Outro Movement

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -