V/A: Sanak Kadang Edisi Campur-Campur, Segarnya Bikin Eargasm

Jumat, 25 Juli 2014 11:00
V/A: Sanak Kadang Edisi Campur-Campur, Segarnya Bikin Eargasm
Ilustrasi





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Nampaknya musisi kota Malang tengah getol merilis album kompilasi untuk perkenalan musiknya. Tak bisa dipungkiri jika kompilasi memang sangat membantu sekali untuk mempromokan sebuah single sebelum menindak lanjuti EP atau album.

Sebuah kompilasi yang dibentuk oleh musisi Kota Malang, kali ini dengan benang merah genre yang lebih easy listening. Menampilkan 7 musisi baik band atau solois yang menampilkan musik yang begitu segar, sesegar cover CDnya.

Musik yang ditawarkan begitu beragam dan kaya akan warna, mulai dari indie pop, folk hingga tambahan unsur vintage di dalamnya. Visualisasi di sampul CD yang memperlihatkan gambar kesegaran es campur benar-benar mengena di sini. Ibaratnya CD ini adalah mangkuk yang menampung berbagai isi dan kesegaran ketika didengarkan.

Manisnya intro EYD seakan menyapa pada tegukan pertama sehingga meningggalkan kesan untuk mencicipi lebih lanjut. Gusdakar pun memberikan rasa beda dengan unsur vintage dalam arransemennya sehingga terlihat megah.

Rasa legit dan fresh bisa dirasakan pada Petualangan Jojo yang diusung oleh Iksan Skuter dengan folk dan liriknya yang lugasnya. Belum selesai mencecap, Mr Paul memberikan rasa lain dengan aroma 80s pop yang kental dengan beat funk di dalamnya. Sebuah rasa terkadang membangkitkan kenangan lama, dan Sandi Mawar memunculkan rasa itu melalui Samudera Maaf Ku.

SIM A membangkitkan semangat pagi dan beranjak untuk bergegas menyapa matahari melalui petikan gitarnya yang ritmis. Sebuah tembang instrumental yang memberikan kedamaian sekaligus mood booster bagi pendengarnya. The Remaja pun menyambung dengan arransemen yang lebih segar dan dinamis penuh semangat ala remaja.

Sayangnya di balik kesegaran yang di tampilkan, kemasan CD ini sangat miskin akan informasi sehingga terlihat digarap asal-asalan. Padahal di dalamnya memuat konten karya yang patut diacungi jempol. Jika hanya mengandalkan kalimat CD ini tidak untuk dijual tapi untuk dibeli, sepertinya orang akan pikir-pikir dulu.

Sebenarnya banyak cara meriilis minimalis dengan minim budget namun tetap terlihat mewah, dan hal itu telah dilakukan oleh banyak musisi.
Secara keseluruhan, album kompilasi ini sangat diperhitungkan walau minus pada pengemasan.

Sebuah mood booster untuk mengatasi kejenuhan atau ingin mencari warna musik yang berbeda.

Tracklist:
01. EYD - Anak Negeri
02. Gus Dakar - Aku
03. Iksan Skuter - Petualangan Jojo
04. Mr Paul - Better Be Me
05. Sandi Mawar - Samudera Maaf Ku
06. SIM A - Emun Pagi
07. The Remaja - Now is Not The Time

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -