V/A, 'Burn The Line Compilation,' Malang Membara

Rabu, 23 Juli 2014 11:00
V/A, 'Burn The Line Compilation,' Malang Membara
Ilustrasi





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Pemetaan terhadap skena musik lokal terus dipertahankan oleh individu yang berkecimpung di dalamnya. Seperti yang dilakukan oleh arek-arek Malang yang berkontribusi di Malang Burn The Line Compilation.

Tercatat 19 band dari berbagai genre mempersembahkan karya terbaiknya. Dari rcok and roll sampai metal, dari post rock hingga punk, seolah menunjukkan keragaman skena di kota Apel ini.

Track pertama dibuka dengan Sunrise of Java dengan beat rock lawasnya dan disambung dengan Intenna yang mengharu biru melalui beat gloomy ala post rocknya. Malang yang memiliki skena hardcore terbesar pun menampilkan gacoannya melalui Attack Destroyer dengan style ala Madball, Garrison yang memainkan old school serta Neurosesick dengan hardcorenya yang lebih gelap.


Di barisan metal/death metal kalian bisa memilih mulai dari Fallen To Pieces yang kental dengan riff Swedish metal, Cyclone Corpse tampil gagah dengan beat death metal yang begitu rapat. Belum puas mendengar seperti apa skena metal di Malang, jangan sampai kelewatan untuk menyimak Fasik, Silence of God, Embalmed To Enforce dan Glyph yang tak kalah cadasnya.

Pada genre punk/thrash/girnd diwakili oleh Death of President yang kental dengan beat thrash HC/Punk. Kranioplastik dengan ol'skol grindcorenya yang seakan mengingatkan era Terrorizer dan Moria trio grindcore yang memainkan musik galak dan rapat serta Pataz!! mengusung genre powerviolence hanya dengan bass, drum dan vokal.

Ingin yang easy listening, kompilasi ini juga memberikannya melalui Vitruvian dengan liriknya yang melankolis, ada juga Naughty Pet Dream yang menawarkan melodic punk yang enerjik dan penuh semangat. Aksi solo dari Malang tak boleh dilewatkan, ada Laga yang mengusung indie pop yang terasa teduh di telinga serta Iwan Ruby, gitaris metal yang mencoba untuk bersolo karir.

Sebuah kompilasi yang bisa dibilang komplit, walau tak semua terekam dalam piringan padat ini. Bisa jadi bakal ada Burn The Line sekuel yang akan menampilkan banyak musisi kota Malang  yang terus tumbuh bak cendawan di musim hujan.

Terlepas dari covernya yang begitu kental dengan genre cadas, namun tak boleh dihakimi ini adalah kompilasi band metal. Karena di dalamnya banyak menampilkan karya bagus yang patut disimak.


Tracklist:
01. Sunrise of Java - Fight
02. Intenna - Memar
03. Attack of Destroyer - Baku Hantam
04. Death of President - Barcode
05. Garrison - Mind
06. Fallen To Pieces - Singa Yehuda
07. Cyclone Corpse - Lazy Motherfucker
08. Iwan Ruby - Jam 12 Malam
09. Fasik- Blame Yourself
10. Silence of God - Sacrificei
11. Laga - Darling
12. Neurosesick - So Much Hate
13.Vitruvian - Terdiam
14. Kranioplastik - Sistem Bangsat
15. Glyph - Terjebak
16. Moria - Aborsi
17. Naughty Pet Dream - Berdiri dan Hadapi
18. Embalmed To Enforce - Qishas
19. Pataz!! - Mental Hore

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -