Ungu: '1000 KISAH SATU HATI', Eksplorasi Eksperimen

Minggu, 10 Oktober 2010 12:35 | 

Ungu

Ungu: '1000 KISAH SATU HATI', Eksplorasi Eksperimen
Cover Album




KapanLagi.com - Oleh; Fajar AdhityoUngu sepertinya tak ingin berhenti untuk terus bereksperimen dengan warna musiknya. Jika di album sebelumnya mereka memadukan antara musik pop dengan dangdut, kali ini di album terbarunya yang berjudul 1000 KISAH SATU HATI, Ungu bereksperimen dengan musik reggae dan jazz yang dipadukan dengan pop.

Nuansa reggae membuka di track pertama, tak ada kesan seakan memaksa menjadi reggae di sini. Aransemennya juga terasa sangat pas serta nuansa pop ala Ungu juga masih kelihatan. Dalam pembuatan lagu ini, Enda mengatakan bahwa dia ketularan anaknya akan musik reggae waktu itu.

Di track-track berikutnya juga tak kalah menariknya untuk disimak. Nuansa pop mengalun mendayu-dayu namun tidak kelihatan cengeng.

Di track 4 berjudul I Need You dengan beat yang rancak menghentak, mengingatkan kita akan band pengusung melodik pop punk. Ini sedikit berbeda dari lagu-lagu Ungu sebelumnya, baik dari segi musik dan lirik yang menggunakan bahasa Inggris. Walaupun lagu ini simple dan terkesan diulang-ulang liriknya, sepertinya Ungu tak ingin banyak mengumbar kata-kata untuk mengungkapkan cinta.

Dengan lirik yang menyentuh, lagu Percaya Padaku memang pantas untuk dijadikan single hit. Aransemennya yang berbeda, perpaduan antara modernisasi dari looping drum elektronik dan musik pop yang menjadi andalannya. Menurut penuturan Enda lirik lagu ini memiliki kisah yang menarik yang bercerita tentang perasaan pertama kali bertemu, jatuh cinta, dan menaruh harapan.

Nuansa elektronik serta sampling-sampling juga mengisi di beberapa lagu sehingga membuat lagu ini menjadi kaya warna.

Aroma pop jazz di lagu Saat Bahagia terasa pas dengan menggaet Andien di lagu ini. Karakter vokal Andien yang terdengar jazz bisa bersanding merdu dengan vokal Pasha yang nge-pop.

Sangat terasa sekali eksplorasi musikualitas Ungu di album ini. mereka bisa memadukan dengan tepat tanpa harus memaksakan atau mengurangi genre yang menjadi ciri khasnya.

Dari segi lirik pun kali ini juga memakai dua bahasa yang jarang digunakan oleh kebanyakan band segenre. Kemasan pun juga tak luput dari reformasi, dengan packing digipack 4 gatefold minimalis namun terkesan bagus.

Di dalam CD ini juga terdapat video yang berisi wawancara masing personil, behind the scene, serta video clip jika kalian memutarnya di komputer anda. Sebuah persembahan Ungu untuk penggemarnya.

Tracklist:
1. Mabuk Kepayang2. Dirimu Satu3. Dia Atau Diriku4. I Need You5. Percaya padaku6. Almost Soulmate7. Saat bahagia8. Selamanya9. Sampai Kapanpun10. In Time11. Hakikat Cinta12. Doa Untuk Ibu (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -