Syaharani and Queenfireworks: 'ANYTIME', Jazz Gado-Gado

Selasa, 26 Oktober 2010 16:01 | 

Syaharani

Syaharani and Queenfireworks: 'ANYTIME', Jazz Gado-Gado
Cover Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Sejak tahun 2006, Syaharani sudah bertekad untuk membuat sebuah album baru. Dan akhirnya, impian itu terwujud sudah pada 26 Mei 2010 lalu saat ia melahirkan sebuah album baru bersama Syaharani and The Queenfireworks atau yang kerap disingkat ESQI:EF. Album yang diberi tajuk ANYTIME inilah yang menyiratkan 'comeback'-nya Syaharani bersama bandnya setelah sukses dengan album pertama BUAT KAMU di tahun mereka berdiri.

Di album kedua ini, ESQI EF mengedepankan retro jazz tahun awal 60 dan akhir 70-an serta kental dengan beat-beat disco dan sedikit funk. Sebut saja light jazz, lounge dance, atau groove bahkan kalau kita bingung namakan saja crossover jazz karena di album ini semua unsur musik dimasukkan.

Kemampuan vokal Syaharini menjangkau range vokal-vokal tinggi dengan suara unik dan terkadang parau dikuasai secara sempurna. Dia menunjukkan kelebihannya serta kemampuannya sebagai vokalis jazz dan memang layak.

Dalam album ini perubahan musik dari rancak hingga mellow ditata sangat apik. Mulai dari sedikit distorsi rock dengan upbeat yang bersemangat di track Apa? Apa? Apa? dan mellow seperti di track So Far Away (Again Again Again) yang menghanyutkan di awal namun menghentak di akhir lagu, serasa letupan emosi menyeruak keluar dari relung hati.

ESQI:EF juga memberikan dua penawaran dalam warna musiknya di track Sayang Sayang Sayang yang mana di track 5 kental dengan balutan retro dance yang sangat soulful lengkap dengan sampling dari distorsi efek gitar yang mengisi ruang kosong dan dibantu keyboard, terasa ringan. Penambahan part sing a long di bagian interlude cukup mewarnai lagu ini, mungkin akan terasa seru bila dimainkan ketika live.

Sedangkan di track 10 ini merupakan versi asli dari lagu Sayang Sayang Sayang. Terasa sekali unsur funk jazznya yang bisa di tilik dari permainan slapping bass. Keyboard hammond seperti di gereja-gereja serasa menambah kesan jadul di lagu ini. Dengan tempo yang upbeat dan sedikit energik berbeda dengan track 5 yang lebih soulful. Bahkan vokal Syaharani pun juga terasa beda baik dari segi penegasan dan range vokal yang dijangkau.

Distorsi rock juga kembali muncul di track terakhir berjudul Picnic In The Sky yang lamat-lamat dipadu dengan tempo sedang mengarah ke lounge dance dan ketukan yang mampu membuat kita bergoyang mengikuti alunan nada. Di akhir lagu ini di tutup dengan kemegahan paduan suara.

12 lagu jazz yang dinamis ditampilkan sangat apik oleh ESQI:EF. Walaupun terkadang musik ini mempunyai massa tersendiri namun album ini bisa dipahami dan didengarkan oleh non penggemar jazz.

Tracklist:
1. Kiranya
2. Mungkin (Katakan)
3. Kekasih Palsu
4. Jangan Lagi Datang
5. Sayang Sayang Sayang (retro dance)
6. Cancellation No More
7. Apa? Apa? Apa?
8. Anytime
9. So Far Away (Again Again Again)
10. Sayang Sayang Sayang (original)
11. De'dia (retouch)
12. Picnic To The Sky (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -