Sarasvati: 'DANUR', Persahabatan 2 Dimensi

Sabtu, 03 Maret 2012 11:23
Sarasvati: 'DANUR', Persahabatan 2 Dimensi
Cover Single




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Sukses dengan debut albumnya tak membuat Risa Saraswati atau Sarasvati puas. Dia kembali meluncurkan single terbarunya yang dirilis secara gratis bertajuk Danur. Single ini sendiri mengacu kepada buku yang ia rilis beberapa waktu yang lalu.

Imej hantu dan hal yang berbau alam lain masih dipertahankan oleh Sarasvati. Namun nilai plus ini dikemasnya dengan unik dan bagus sehingga tak terkesan seram. Jika tengok nama Danur sepertinya bermakna bagus, akan tetapi danur sendiri adalah sebuah cairan yang keluar dari jasad yang mengalami prosesi pembusukan.

Arti dari lagu ini sendiri adalah menceritakan tentang sebuah persahabatan Risa (yang seorang indigo) dengan makhluk halus. Lantunan lagu ini seakan membawa kita memasuki ke dunia yang digambarkan oleh Risa dalam bukunya dan berimajinasi seperti apa rupa tokoh-tokoh dalam buku tersebut.

Dalam single ini Risa tak bernyanyi sendiri. Dia membagi porsi menyanyinya bersama Arina Ephipania (vokalis Mocca) sehingga membuat lagu ini terasa lebih istimewa. Bagi Risa lagu ini adalah sebuah kenang-kenangan dirinya dengan Arina sebelum bertolak ke Amerika untuk menetap di sana bersama suaminya.

Nuansa teatrikal dengan instrumen orkestrasi klasik masih setia diusung. Rasa gelap, dingin, hampa namun indah terangkum di setiap alunan nada menyatu dalam imaji kita. 2 vokal yang berbeda namun padu ini terasa menyentuh hati pendengarnya.

Risa mengatakan bahwa single ini merupakan sebuah jembatan bagi Sarasvati untuk menuju album berikutnya. Walau terpuaskan dengan kedahsyatan single ini, namun kita seakan dibuat ketagihan atau penasaran dengan lagu-lagu lainnya. Kita tunggu persembahan Sarasvati di album keduanya. (kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -