Pandai Besi, "DAUR BAUR', Rombak Habis-Habisan

Senin, 30 September 2013 16:35 | 

Efek Rumah Kaca

Pandai Besi,
Ilustrasi




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Sebuah kejenuhan bisa menimbulkan ide kreatif yang tak terduga. Seperti yang dilakukan oleh Efek Rumah Kaca yang akhirnya bertransformasi dalam proyek bernama Pandai Besi dan mendaur ulang lagu-lagu Efek Rumah Kaca.

Ini bisa dibilang proyek liar, terutama di arransemen musiknya. Musik ERK yang terstruktur dirombak habis-habisan menjadi lebih tak terduga dan seakan kita mendengarkan sebuah karya baru, dibandingkan sebuah daur ulang yang biasanya terdengar sama.

Penambahan personel dengan latar belakang musik yang berbeda membuat kaya dalam penggarapan. Ada 9 lagu di album DAUR BAUR ini, yang akan membuat anda tercengang apabila sudah mendengar di album Efek Rumah Kaca sebelumnya.

Pandai Besi membuat karya-karya Efek Rumah Kaca semakin vintage dan progresif yang terdengar mewah, namun tak bosan dinikmati. Dan seakan tak sia-sia proses para investor yang mendonasikan untuk refunding yang mereka lakukan dengan gembor-gembor akan membuat karya yang berbeda dan tidak pernah diperdengarkan sebelumnya.

Ini adalah sebuah oase untuk industri musik Indonesia dan ini masterpiece yang tak bisa dibantahkan lagi.

Tracklist:
Hujan Jangan Marah
Menjadi Indonesia
Debu-Debu BErterbangan
Desember
Melankolia
Laki-Laki Pemalu
Jalang
Di Udara
Jangan Bakar Buku

 

 

 

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -