Opick: 'SHOLLU ALLA MUHAMMAD', Mengetuk Hati Pendengarnya

Kamis, 19 Agustus 2010 01:41 | 

Opick

Opick: 'SHOLLU ALLA MUHAMMAD', Mengetuk Hati Pendengarnya
Cover Opick




KapanLagi.com - Oleh: Fajar AdhityoOpick kembali menghiasi Ramadhan kali ini dengan seruan-seruan serta puja dan puji untuk Allah SWT beserta Rasulnya Muhammad SAW. Dalam album terbarunya yang bertajuk SHOLLU ALLA MUHAMMAD, Opick akan mengetuk hati kita yang paling dalam.

Nada ceria dan rancak membuka lagu Shollu Ala Muhammad. Sebuah salam dan pujian untuk Rasulullah SAW. Lagu yang dinyanyikan secara bersahutan antara Opick dan finalis Festival Lagu Opick. Dengan musik semi akustik, piano dan penambahan perkusi-perkusi yang unik serta rancak. Serta lirik yang ringan dan tak ada kesan menggurui dalam lagu ini. Lagu ini tampaknya ingin menjangkau pendengar dari segala usia baik anak-anak serta orang dewasa. Mengingatkan akan duet dari Hadad Alwi dengan Sulis.

Balutan musik pop menyelimuti lagu Allahu Akbar dengan aransemen yang mellow dan permainan gitar akustik yang ringan mengiringi lagu yang bertemakan keagungan sang Khalik.

Track-track berikutnya dengan nada pelan dan syahdu mampu menentramkan hati kita. Damai tenang dan larut dalam suasana, kesan itulah yang akan kita dapat ketika mendengarkan album ini. Opick tidak ingin terpatron pada irama padang pasir dalam aransemen musiknya.

Penggunaan bahasa metafora yang pas di setiap lirik yang tidak berlebihan dan menggurui. Opick mencoba membawa atau membimbing kita untuk menghayati setiap pesan di dalam lagu seraya mengagungkan kebesaran Tuhan.

Di Album ini Opick juga berduet dengan beberapa finalis Festival Lagu Opick. Kualitas vokal mereka juga tidak diragukan lagi penghayatan setiap bait liriknya mampu memberi nyawa di lagu ini dan bisa bersanding dengan vokal Opick yang datar.

Dengan intro permainan piano ala pop sophisticated ini Opick mendendangkan bersama Fira FLO yang menjadi juara pertama Festival Lagu Opick (FLO) tingkat remaja. Suara bening Fira terasa syahdu manakala bersanding dengan vokal Opick di iringi dengan petikan gitar beraransemenkan lagu pop rock di bagian interlude.

Tak hanya Fira, di lagu I'tirafOpick menggandeng Ingrid yang menjadi juara dalam kategori anak-anak. Sebenarnya I'tiraf memuat lirik yang ditorehkan Abu Nawas, penyair kondang di zaman keemasan dunia islam di Asia-Eropa. Lirik yang menceritakan pengakuan akan kecilnya kehadiran seorang hamba di mata Tuhannya itu sempat hadir dengan berbagai versi yang di aransemen oleh penyanyi lain. Kumpulan nasyid dari Malaysia, Raihan juga sempat menjadikan hit lagu ini di tahun 2000 dan Emha Ainun Nadjib dengan grup musik gamelan islaminya Kiai Kanjeng juga kerapkali membawakannya.

Di track ke-10 yang berjudul Istighfar yang menjadi penutup di track lagu ini baik dari lirik dan aransemen semuanya sangat klop dan menggiring perasaan kita. Nada yang syahdu dan lantunan vokal Opick yang menjiwai lagu ini mampu menggetarkan hati kita.

After all, konsistensi Opick di jalur musik religi memberikan karya yang berkualitas dan bukan sekedar komersil belaka. 10 lagu di album ini akan mengetuk pintu hati kita dengan ajakan untuk berbuat kebaikan.

Daftar lagu:
1. Sholllu Alla Muhammad
2. Allahu Akbar
3. Andai Waktu Memanggil feat Fira FLO
4. DenganMu Aku Tenang
5. Sholawat Muhamad
6. Pengakuan (I'tiraf) feat Inggrid FLO
7. Dunia Tanpa Cinta-Nya feat Dian FLO
8. Tiada Duka Yang Abadi
9. Nyanyian Sepi
10. Istighfar (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -