Iksan Skuter, 'Kecil Itu Indah', Bangkitkan Kenangan Masa Kecil

Rabu, 16 Juli 2014 11:00
Iksan Skuter, 'Kecil Itu Indah', Bangkitkan Kenangan Masa Kecil
Ilustrasi





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Minimnya lagu anak-anak, serta mirinys mereka yang lebih paham lagu dewasa membuat beberapa pihakmenjeroit-jerit. Namun sayangnya tak ada aksi langsung yang dibuat oleh para musisi, hanya wujud keprihatinan yang terlontar saja.

Solois folk, Iksan Skuter membuat sebuah gebrakan dengan merilis album ketiga yang didedikasikan untuk anak-anak Indonesia. Sebuah lagu yang mengedukasi sekaligus mengingatka kembali kita terhadap lagu rakyat yang sering dinyanyikan dimasa kecil dahulu.

Mendengarkan album ini seakan dikembalikan ke masa di mana gadget belum mengambil alih kehidupan kita. Bermain di empang, menikamati alam, interaksi yang jarang sekali dilakukan oleh anak-anak saat ini.

KECIL ITU INDAH memuat 8 lagu anak-anak yang kebanyakan berbahasa Jawa dengan arransemen yang modern dan unik. Mungkin yang hidup di era dahulu bakal tersenyum ketika lagu seperti Gajah-Gajah, Kidang Talun, Pitik Cilik dan lain-lainnya disenandungkan.

Iksan Skuter mengajak anak-anak, beserta orang tuanya untuk kembali mengenal alam pada kehidupan nyata dan bukan berupa sebuah gambar. Seakan menjadi sebuah pembelajaran sekaligus interaksi untuk menghormati apa yang ada di alam semesta.

Meski masih keadaerahan, namun album ini menjadi jawaban atas kerisauan orang akan minimnya lagu anak-anak. Tak ada batasan usia untuk mengkonsumsi album ini, karena lagu rakyat ini memang harus tetap dipertahankan.

Album yang dirilis pada hari Anak Nasional kemarin sayangnya dirilis secara terbatas hanya 30 keping dengan format tape.

Tracklist:

Side A:
01.    Gajah-Gajah
02.    Ilir-Ilir
03.    Jaranan
04.    Kidang Talun


Side B:
01 Lumbung Deso
02. Menthok-Menthok
03. Padang Mbulan
04. Pitik Cilik

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -