Drew: 'SING WITH DREW', Bernyanyi dan Berharap Bersama

Selasa, 29 Mei 2012 19:33 | 

Reza Artamevira

Drew: 'SING WITH DREW', Bernyanyi dan Berharap Bersama
Ilustrasi




KapanLagi.com - oleh: Rena Angelica

Sudah cukup lama band ini menarik perhatian, melalui Unromantic yang ada di album kompilasi Nubuzz. Meskipun kurus dan kecil, Sashi (vokal) mencuri perhatian saat live dengan celana jeans robek-robek dan gitar di tangannya. Lebih dari itu, suaranya renyah!

Track pertama, Stay With Me, membuka perjalanan ini. Intro-nya mewah, menunjukkan kelas Drew yang bukan sekedar band pop biasa. Track ini menegaskan Drew akan memberi Anda lagu-lagu cinta yang tidak cengeng.

Yang kedua adalah Radio, single album SING WITH DREW. Lagu ini pasti sudah akrab di telinga, easy listening dan cukup anthemic dengan reff, 'Oh oh oh, lagu ini untukmu/ oh oh oh hanya untuk dirimu/ oh oh oh pahamilah maksudku'. Ujian pertama Drew ada di lagu ketiga yang dibuka dentingan piano, Yang Ini Untuk Kamu.

Membuat lagu balada memang selalu tidak mudah. Tetapi Drew selamat dari jebakan terdengar cengeng dan merengek. Uniknya, lirik lagu ini hanya terdiri dari 6 kalimat saja. Penekanan ada di lirik 'ku jatuh cinta setengah mati' yang diulang-ulang dan jadi dramatis dengan piano.

High kembali membawa kita bersemangat. Beat-nya modern. Ceritanya masih tentang jatuh cinta, tetapi entah kenapa, yang satu ini terdengar lebih oke dengan melodi gitar di tengah lagu. Ini jenis lagu yang asyik dibawakan saat live, karena akan membuat penonton mengangguk-angguk.

Dia muncul berikutnya, satu lagi lagu balada. Tidak ada yang istimewa, terdengar hampir sama seperti Yang Ini Untuk Kamu. Menginjak Siapa Bilang, kepala kembali terangguk-angguk sembari mulut ikut bernyanyi. Lirik yang mudah dinyanyikan tampaknya menjadi salah satu kekuatan Drew.

One More Time jadi lagu low beat ketiga. Kejutannya, yang ini terdengar berbeda. Bukan semata karena penggunaan bahasa Inggris, karena Sashi memang terdengar lebih nyaman bernyanyi dalam bahasa Inggris, tetapi ada soul yang lain di sini. Sekilas mendengarnya, ada kemungkinan Anda akan mengira lagu ini dibawakan oleh penyanyi internasional.

Terlalu Berharap sedap di telinga, takarannya pas. Ceritanya tentang penantian yang dikisahkan Sashi tanpa emosi berlebih. I Love You Too punya karakter yang sama seperti High, ringan dan tidak cengeng. Lagu ke-10 adalah Aku Takut Jatuh Cinta Lagi, dan ini kejutan yang manis sekali.

Ya, lagu yang sama dulu dipopulerkan oleh Reza Artamevira. Entah mengapa lagu ini dipilih Drew, tetapi kalau Anda menyingkirkan bayangan vokal penyanyi aslinya yang lebih berat, versi baru ini sama enaknya. Ada sedikit sentuhan di sana-sini, aransemen ulang yang lebih ringan menyelaraskan lagu dengan vokal Sashi.

SING WITH DREW memuat 11 lagu, dan yang terunik judulnya ada di track ke-11. Lagu terakhir ini diberi titel, Lagu No. 11. Inti lagu, sekaligus esensi dari keseluruhan album terangkum dalam lirik 'teralun tlah terhitung 10 nyanyian/ hanya untuk dirimu yang tak tahu/ kau takkan mengerti dan takkan mengerti'. Ketika Sashi nyaris berbisik, 'teralun tlah terhitung 10 nyanyian/ hanya untuk dirimu yang tak tau' di akhir lagu, ia bahkan tidak terdengar sedih. Ia terdengar seperti berharap, dan itu menutup kisah dengan manis.

Album diproduseri oleh Andi Rianto. Kemampuan personel dimanfaatkan juga untuk mengatur cover dan lay out album. Kalau Anda beli cd orisinilnya (dan sebaiknya Anda memastikan diri membeli yang orisinil), ada jawaban di credit titleSashi mengapa ia menuliskan lirik-lirik yang bercerita tentang menunggu dan berharap.

Jarang ada band dengan frontwoman, apalagi yang berpenampilan secuek Sashi yang juga memainkan gitar. Dari panggung ke panggung, Drew yang beranggotakan Sashi, Aji Yudo (gitar), Rishanda Singgih (bas) dan Putra Praditya (drum) menabung pengalaman hingga mereka dianggap layak bermain di Just Jazz Fest 2012. Selain soal cover yang biasa, SING WITH DREW pantas dikoleksi, apalagi kalau didengar di sore hari yang cerah ketika deadline mengejar. Setidaknya, mereka tidak memburamkan sisa hari Anda.

TRACKLIST
1. Stay With Me
2. Radio
3. Yang Ini Untuk Kamu
4. High
5. Dia
6. Siapa Bilang
7. One More Time
8. Terlalu Berharap
9. I Love You Too
10. Aku Takut Jatuh Cinta Lagi
11. Lagu No. 11 (kpl/rea)



Lihat Arsip Musik

- - -