Dream Theater: 'A DRAMATIC TURN OF EVENTS,' Tak Kehilangan Arah

Kamis, 19 April 2012 18:00 | 

Dream Theater

Dream Theater: 'A DRAMATIC TURN OF EVENTS,' Tak Kehilangan Arah
Dream Theater




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Keluarnya sang frontman, Mike Portnoy membuat banyak orang meragukan seperti apa Dream Theater ke depannya. Ibarat kapal Dream Thaeter seperti kehilangan nahkoda dan berlayar tanpa arah.

Namun anggapan orang-orang akan berubah ketika mendengarkan album terbaru bertajuk A DRAMATIC TURN OF EVENTS. Tak bisa diragukan lagi, album ini akan menjawab semua pertanyaan atau kesangsian para penggemar Dream Theater dengan formasi Mike Mangini di posisi drum.

Memang di album-album sebelumnya semua dikonsep oleh Mike Portnoy, namun ada rasa yang sedikit berbeda dia album ini. Mereka seakan bermain lebih bebas dan tetap menggigit seperti karya mereka sebelumnya. yang menonjol lagi adalah Dream Theater mengurangi kadar metalnya dan menambahkan porsi progresif di setiap lagu.

Hal utama yang akan kalian perhatikan dalam album ini adalah banyaknya musik bagus yang mereka persembahkan. 9 track akan memuaskan anda selama 76 menit lamanya dengan aransemen yang begitu megah dan tetap mengumbar skill yang menggoda para musisi untuk menguliknya. Dream Theater memukau kita dengan kemelodiusan dan kerumitan riff-riffnya mulai dari awal lagu hingga akhir dan membuat ketagihan untuk memulainya dari awal lagi.

Lantas bagaimana dengan performa Mika Mangini di album ini? Kita tutup saja perdebatan perbandingan mengenai skill mereka berdua atau siapa yang pantas menjadi drummer, dan menganggap bahwa album ini adalah cita rasa baru Dream Theater. Akan tetapi skill Mangini juga tak bisa dipandang sebelah, dia tetap menghidupkan lagu ini dengan ketukan-ketukannya.

Dream Theater membuktikan bahwa karir mereka belum lah berakhir, dan ini adalah album yang layak untuk dinobatkan sebagai album terbaik tahun ini. Dan kapal besar ini terus memancangkan layarnya untuk melintasi horison dengan dinahkodai secara bersama-sama. (kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -