Dialog Dini Hari, Harmonisasi Yang Membuat Takjub

Kamis, 30 Desember 2010 18:14 | 

Eddie Vedder

Dialog Dini Hari, Harmonisasi Yang Membuat Takjub
Coverf Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Sebagai nama sebuah band, Dialog Dini Hari mungkin akan terdengar sedikit aneh bagi kita. Namun dari keanehan ini mampu membuat orang tertarik untuk menguliknya lebih dalam.

ini adalah sebuah proyek antara dua personel band psychedelic grunge Navicula yaitu Dadang SH Pranoto (gitar/vokal) dan Brozio Orah (bass) dengan Deny Surya (drum) yang juga personel dari Rokavatar. Dan hasilnya adalah sebuah karya yang benar memukau baik dari segi konsep musik dan penulisan lirik dengan gaya bahasa yang benar-benar puitis dengan tema-tema universal dan bebas.

Dengan mengusung irama ballad yang dicampur dengan petikan gitar akustik yang bluesy seakan membuat lagu ini terasa nyaman untuk didengar. Bayangan akan alam pegunungan, danau, padang rerumputan atau mungkin alam pedesaan di pinggiran Bali tempat band ini berasal akan menggelayuti pikiran kita.

Namun di track Nyanyian Langit sepintas mirip dengan musik yang Eddie Vader buat untuk soundtrack film INTO THE WILD. Akan tetapi bukan karya yang benar-benar mengimitasi belaka. Keragaman alat musik mewarnai lagu ini seperti penambahan unsur tabla dengan petikan gitar yang sangat bluesy yang mengingatkan film koboi dan ornamen pemanis lainnya, ini sebuah karya yang indah.

Kikan dan Robi Navicula juga menyumbangkan suaranya di lagu Aku Adalah Kamu. Sebuah kolaborasi yang manis, terlebih dengan adanya akordion dan petikan gitarnya yang berirama folk country. Di lagu berikutnya bahkan semakin kaya eksplorasi musiknya. Paduan suara mengiringi suara Danke di lagu terakhir yang berjudul Menutup Tirai yang digarap secara megah dan sedikit mencekam atau takjub dari unsur dramatis yang mereka ciptakan.

Dari satu lagu ke lagu lain kita seakan dibuat terkejut dengan warna musiknya. Dialog Dini Hari seakan menggiring otak kita untuk berfantasi menggambarkan tempat yang indah sesuai dengan lagu ini. Sebuah karya yang harus dinanti untuk selanjutnya dan tak boleh berhenti begitu saja.

Tracklist:
1. Lirih Penyar Murung
2. Aku Dimana
3. Nyanyian Langit
4. Manuskrip Telaga
5. Aku Adalah Kamu
6. Menutup Tirai
(kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -