Crimson Diary, 'SENJA,' Hangat dan Mendamaikan

Selasa, 13 Mei 2014 16:10
Crimson Diary, 'SENJA,' Hangat dan Mendamaikan
Crimson Diary @BarongsaiRecs





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Ranah musik indie terus bergejolak melahirkan band-band baru yang seakan tak ada putusnya. Bisa dibilang merata tak hanya dominasi Jakarta dan Bandung saja, melainkan Malang yang menjadi hombase dari Crimson Diary.

Salah satu band pendatang baru (walau personelnya merupakan pelaku lama skena indie Malang) yang menawarkan sebuah konsep yang mengembalikan kejayaan musik alternatif tahun 90-an. Kesan itu yang tertanam saat mendengarkan debut album mereka yang bertajuk Senja.

7 lagu yang akan menyita perhatian kamu untuk mendengarkan lebih seksama. Susunan setlist yang nampaknya saling berkaitan antara satu sama lain yang memberikan kesan nyaman untuk pendengarnya.

Pagi Baru menjadi pembuka, seakan menjadi penyemangat untuk memulai aktifitas. Dengan beat yang lebih rancak, namun terjalin secara ritmis seolah-olah membuat pagi ini terasa hangat.

Crimson Diary juga menyelipkan aura post rock di beberapa lagunya. Seperti di lagu You And Me, walau terasa panjang namun tak terdengar monoton. Emosi kita seakan digiring larut dalam dan kemudian dimuntahkan dalam puncak lagu yang berakhir klimaks.

Tautan antar lagu menjadi jalinan sebuah cerita yang berujung pada Senja. Spoken voice di lagu ini menjadi nilai tambah di sela arransemen yang megah. Terpapar semburat jingga yang menyapa seakan menutup akhir cerita dan kita tersenyum senang. Begitu damai mendengarkan lagu ini.

Terasa sekali kematangan Crimson Diary dalam memberikan nyawa di setiap lagu yang dibuat. Seakan lagu ini mengajakmu untuk berdialog atau mungkin menjadi soundtrack dalam kehidupanmu.

Keragaman dan pemberian intonasi yang berbeda di setiap lagu membuat album ini menjadi sebuah kekuatan. Rasanya akan menjadi janggal terasa kurang esensinya jika mendengarkan album ini tanpa diurut dari track awal.

Album yang patut direkomendasikan bagi kalian yang rindu akan musik 90-an atau ingin mencari warna baru.

Tracklist:
01. Pagi Baru
02. You And Me
03. Lara
04. Maybe
05. Berpijak
06. Angkuh
07. Senja

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -