Bondan Prakoso dan Fade2Black: 'FOR ALL', Eksplorasi Kaya Warna

Selasa, 07 September 2010 18:00 | 

Bondan Prakoso

Bondan Prakoso dan Fade2Black: 'FOR ALL', Eksplorasi Kaya Warna
FOR ALL Cover Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Dengan dua singlenya Ya Sudahlah dan Not With Me yang bergantian merajai top chart radio, Bondan Prakoso dan Fade2Black melesat. Lantas bagaimana dengan lagu-lagu lainnya yang berada di album FOR ALL.

Mungkin kita terlena dengan kedua single diatas yang easy listening di telinga. Namun ketika kita mendengar per track dari album ini kita akan disuguhkan aransemen yang begitu kaya warna. Seakan menemukan harta karun yang tak terusik oleh siapapun.

Bondan memang tak ingin terpaku dalam satu genre. Baginya musik adalah universal dibuktikannya dengan berani mengawinkan musik funk rap dengan keroncong di lagu Keroncong Protools yang terdapat di album sebelumnya.

Kali ini FOR ALL menawarkan beat funk yang rancak di lagu Good Time dan Bumi Ke Langit. Kita diajak berdansa pogo di track Tetap Semangat yang kental dengan beat ska lengkap dengan keyboard, trombone dan trumpetnya. Alunan distorsi rock yang membahana di lagu S.O.S. dan Terinjak Terhempas yang mengingatkan era awal 2000an dimana hip/rap metal berjaya.

Di lagu-lagu ini Bondan menunjukkan skillnya sebagai pemain bass dan leluasa untuk bereksplorasi dengan karakter masing-masing lagu.

Entah bagaimana kita akan mendeskripsikan genre di lagu For All ini repetan rapper Santoz, Lezano dan Titz berpadu dengan ketukan drum dan bunyi beatbox yang tertangkap di telinga kita. Sedikit mengingatkan kita akan rap era Public Enemy atau drum and bass ala Afrika Bambataa. Entahlah namun lagu ini walaupun agak asing di telinga kita namun lamat-lamat enak di dengar.

Aransemen jadul ala lagu-lagu pop tahun 80an mewarnai lagu Tidurlah. Suara bening Bondan sangat pas ketika membawakan lagu ini.Bila kita dengar di lagu-lagu pop lama kita akan mendengarkan penyanyinya berdeklamasi atau membaca liriknya. Namun di lagu ini di ganti dengan rap di bagian tengah-tengah lagu. Sedikit menggelikan namun asyik jika kita dengarkan.

Bondan nampaknya masih mempunyai stok lagu seperti single hit Ya Sudahlah dan Not With Me. Lagu Kita Selamanya sepertinya bisa menjadi single hits berikutnya. Dengan beat yang easy listening dengan tambahan elemen trumpet dan keyboard serta penempatan vokal cewek berhasil mempermanis lagu bertemakan universal ini.

Lirik bertemakan universal yang menjadikan ciri khas lagu-lagu dari Bondan. Tidak ada lagu bertemakan cinta-cinta tipikal yang biasa kita dengar. Sebuah eksplorasi musik yang luas dan kaya warna tanpa menghilangkan ciri khas dari Bondan Prakoso sendiri maupun Fade2Black.

Tracklist:


1. Ya Sudahlah2. Good Time3. Tetap Semangat
4. Sang Juara
5. Bumi Ke Langit
6. Not With Me
7. S.O.S
8. For All
9. Terinjak Terhempas
10. Kita Selamanya
11. Tidurlah (kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -