Barefood, 'SULLEN', Bangkitkan Semangat 90an

Jumat, 23 Mei 2014 10:11
Barefood, 'SULLEN', Bangkitkan Semangat 90an
Barefood - Sullen EP





KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Pengulangan sebuah masa terkadang bisa menjadi oase segar mengatasi sebuah kebosanan. Seperti yang dilakukan oleh Barefood kembali mengajak kita untuk kilas balik ke musik tahun 90an.

Barefood digawangi oleh dua pria yang kenyang terjejali akan musik era 90-an. Kejayaan musik yang kental dengan distorsi kotor dimainkan kembali oleh band asal Jakarta ini, seakan mengingatkan bahwa era ini pernah ada.

Arransemen musik yang sederhana dan lugas menghentak, terkadang juga terdengar mellow digelontorkan melalui mini album bertajuk SULLEN. Kelima lagu yang ditawarkan nampaknya sudah disaring secara matang sebelum dikemas ke dalam cakram padat.  Saatnya kita menjelajahi dari track ke track menengok apa yang ditawarkan oleh Barefood.

Tanpa intro yang bertele-tele, Perfect Colour langsung menggebrak dengan nada yang kencang. Memaksa menyeruak masuk ke telinga kita yang belum siap dan tiba-tiba dihadapkan oleh distorsi khas rock alternatif. Terasa sekali semangat 90an di lagu ini dengan arransemen yang dibuat secara sederhana.

Di bagian tengah lagu terjalin sebuah jembatan yang komposisinya benar-benar ciamik. Melodi perpaduan gitar akustik dengan distorsi yang meraung-raung membuat lagu ini terdengar sangat klimaks. Tak ada pengulangan ke part reff, langsung diberangus hingga akhir lagu.

Beranjak ke Grey Skies yang mendinginkan kita sejenak setelah dibisingkan oleh Perfect Colour tadi. Barefood memang tak menawarkan arransemen yang rumit selayaknya sentuhan sang maestro, namun kesederhanaan dan kelugasan ini mampu membuat album ini terdengar luar biasa.

Sullen dipilih menjadi hits di mini album ini. Sebuah lagu ballad dengan arransemen kalem namun tidak cengeng. Membuat para pria terlihat jantan saat sing a long di konser mereka meski hatinya tengah hancur. Ah lagi-lagi dibius dengan kesederhanaan komposisi yang mereka umbar, namun memiliki daya magis tersendiri.

Perjalanan ini pun akhirnya ditutup dengan Droning yang intronya sepintas mengingatkan akan The Smashing Pumpkins. Merambat secara pelan-pelan seolah-olah mendinginkan telinga setelah dihajar tanpa ampun di track sebelumnya. Beranjak ke tengah lagu, rotasi pun bergerak cepat dan tebalnya distorsi gitar pun kembali meruang-ruang. Adrenaline dipompa kembali bak api yang merambati jerami yang akhirnya membakar habis.

Setelah memainkan melodi panjang nan indah, Barefood menutup dengan bunyi-bunyian yang berisik serta feedback dari gitar. Yup, mereka memberikan signature seperti inilah musik 90an yang sepintas terdengar indah, dan sepintas akan terdengar destruktif dengan noise dan feedback yang memekakkan.

Barefood telah memberikan sebuah perkenalan singkat dan berkesan. Kelima lagu seakan terdengar kurang dan membuat penasaran seperti apa karya-karya di album berikutnya. Mesin waktu telah dinyalakan dan Barefood siap mengantar anda menjelajahi era 90an.

Tracklist:

01. Perfect Colour

02. Grey Skies

03. Teenage Daydream

04. Sullen

05. Dorning

 

 

 

(kpl/faj)



Lihat Arsip Musik

- - -