Bangkutaman, 'ODE BUAT KOTA', Nyanyikan Suara Kepenatan

Kamis, 20 Januari 2011 19:19 | 

Bangkutaman

Bangkutaman, 'ODE BUAT KOTA', Nyanyikan Suara Kepenatan
Cover Album




KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Musik mereka memang terpengaruh dengan Stone Roses, The Byrds dan Velvet Undergrounds serta band britpop atau indierock lainnya. Namun meski karakter musik yang hampir mirip, Bangkutaman tak ingin terjebak menjadi imitator dan masih mempunyai satu hal yang menjadi ciri khas dan pembeda lainnya.

Setelah vakum lama, di album ini Bangkutaman coba tuk lepas dari bayang-bayang menjadi imitator The Stone Roses yang melekat di dirinya. Dengan mencampur semua genre yang disukai oleh pemusiknya J. Irwin (gitar), W. Nugroho (bas/vokal) dan D. Eryanto (Drum) mengemas kembali Bangkutaman yang baru

Lirik sosial yang mereka kedepankan menjadi senjata untuk mengkritisi carut marut kehidupan Jakarta. Hal ini bisa kita lihat di kata pengantar dan eksplanasi lagu yang terlampir di sleeve CDnya. Mereka seakan dihadapkan dengan kerasnya kehidupan Jakarta seusai pulang menimba ilmu di Yogjakarta yang adem ayem itu.

Balutan musik folk/rock n roll seakan menjadi pengantar yang pas tatkala disandingkan dengan lirik-lirik yang lugas terkadang satir dan ironi yang dikemas secara cerdas dalam pengambilan sudut pandang tema serta eksplanasi yang terlampirkan. Angan kita serasa di hadapkan di tengah padatnya ibukota lengkap dengan rona-rona hiruk pikuk penghuninya.

Meski dengan cover yang sederhana atau mungkin terkesan asal-asalan dan jauh dari kesan glamor atau glossy namun album ini memiliki pesan atau sebuah cerita yang sangat mengesankan. Tak hanya mendengarkan musiknya, kita juga diajak untuk meresapi setiap lirik dan setiap lagu yang disampaikan. Sebuah karya yang fenomenal.

Tracklist:
1. Ode Buat Kota
2. Jalan Pulang
3. Hilangkan
4. Coffe people
5. Alusi
6. Penat
7. Tran Song
8. Di Batas Lelah
9. Menjadi Manusia
10. Catch Me When I Fall
(kpl/faj)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -