Wih! Para Rocker Ini Sukses Cover Lagu Lawas Jadi Baru Kembali

Selasa, 04 November 2014 19:01  | 

J-Rocks



Dok.Istimewa

Kapanlagi.com - Untuk ukuran anak muda jaman sekarang, mendengarkan lagu-lagu lawas era 70an atau 80an pastinya sudah dianggap ketinggalan jaman. Karena kebanyakan yang ada tidak mencerminkan gaya bermusik masa kini.

Tapi, terkadang beberapa penggemar musik tidak tahu, kalau lagu yang dibawakan oleh idola mereka ada yang berasal dari hasil cover lagu-lagu lama. Bahkan, lagu cover tersebut malah banyak dibicarakan dan disukai oleh para pendengarnya.

Trik jitu yang dilakukan oleh para musisi ini adalah, dengan merombak sedemikian rupa hingga lagu tersebut dapat dinikmati oleh publik musik saat ini. Tak jarang, malah ada yang hasilnya berbeda drastis dengan versi aslinya.

Seperti dari lagu dangdut, tiba-tiba diaransemen ulang menjadi musik metal. Namun tidak menghilangkan ciri khas keaslian dari versi awal lagu tersebut.

Nah, berikut akan dibahas musisi Indonesia yang sukses membawa ulang lagu lama dengan versi yang lebih segar. Siapa sajakah mereka? Yuk simak selengkapnya di sini. (kpl/fnd)

1. Slank feat Nirina - Pandangan Pertama

Lagu Pandangan Pertama yang dibawakan Slank ini merupakan hasil gubahan milik penyanyi dangdut A. Rafiq. Lagu ini di bawakan ulang oleh Bimbim cs untuk dijadikan soundtrack film GET MARRIED 2.

Kaka tidak bernyanyi sendiri saat membawakan lagu ini, band potlot ini mengajak Nirina Zubir untuk berduet bersamanya. Pandangan Pertama versi Slank inipun terdengar sangat nge-rock sekali, begitu berbeda dengan aslinya.

Meskipun begitu, mereka tidak menghilangkan ciri khas dari lagu ini, seperti cengkok dangdut dan pattern gitarnya. Jika penasaran dengan versi asli Pandangan Pertama dari A. Rafiq, simak lagunya di sini:



Sedangkan ini adalah Pandangan Pertama dari Slank feat Nirina Zubir:

2. J-Rocks - Madu dan Racun

J-Rocks adalah salah satu band rock Indonesia yang begitu kreatif dan variatif saat menciptakan lagu-lagunya. Karya mereka di satu sisi terkadang terdengar nge-jazz, tapi di sisi lain bisa nge-pop atau nge-rock.

Hal inilah yang membuat kuartet rock asal Jakarta ini mencoba menggubah ulang lagu Madu dan Racun milik penyanyi Arie Wibowo. Di tangan J-Rocks, lagu ini dibuat menjadi lebih nge-rock dengan sedikit sentuhan beat-beat disko di dalamnya.

Hal ini tentunya sangat berbeda jauh dengan versi aslinya, yang terdengar sangat nge-pop dan begitu 80-an sekali. Jika penasaran seperti apa versi asli dari lagu ini, yuk silahkan simak di sini:

Sebagai pembanding, simak juga Madu dan Racun versi J-Rocks:

3. ((AUMAN)) - Macho

((AUMAN)) merupakan band rock kolektif asal Palembang. Nama mereka memang terhitung masih baru di belantara musik Indonesia. Pada awal 2013 kemarin, band ini resmi melepas debut album pertamanya berjudul SUAR MARABAHAYA.

Nah, dalam album ini terdapat sebuah lagu milik pedangdut Vety Vera yang dibawakan ulang oleh ((AUMAN)) dengan judul, Macho. Band yang baru saja dinobatkan sebagai Rockie Of The Year oleh majalah Rolling Stone ini, membawakan Macho dengan versi yang sangat-sangat jauh dari aslinya.

Bayangkan saja, lagu yang aslinya berdurasi tujuh menit lebih ini, dirombak total oleh ((AUMAN)) menjadi sekitar dua menitan. Tak hanya itu, dari segi aransemen, Macho versi mereka terdengar lebih 'ganas' dan 'liar'.

Penasaran seperti apa lagu Macho versi ((AUMAN)), yuk dengar di sini:



Sedangkan versi aslinya, silahkan simak di sini:

4. Navicula - Semut Hitam

Navicula adalah band grunge asal Pulau Dewata, yang namanya sudah dikenal luas oleh para penikmat musik rock Indonesia. Pada akhir 2013 kemarin, kuartet rock ini baru saja merilis album terbarunya berjudul, LOVE BOMB.

Dalam album tersebut, terdapat sebuah lagu cover milik God Bless yang berjudul Semut Hitam. Robi cs membawakan ulang lagu tersebut dengan merombak total aransemen yang ada di versi lamanya.

Navicula membawakannya dengan gaya bermusik khas mereka, grunge. Namun tetap saja ciri khas penting dari versi aslinya tidak ditinggalkan, seperti riff gitar dan bagian reff yang anthemic,'Semut Hitam, Semut Hitam, Maju Jalan!'

Jika penasaran dengan Semut Hitam versi Navicula, yuk simak di sini:



Sebagai pembanding, dengarkan juga versi aslinya di sini:

5. Suri - Pelacur Tua

Di skena musik metal lokal, nama Suri sudah mulai banyak dikenal. Mereka adalah band yang memainkan jenis musik ber-genre, stoner rock. Dengan format trio, mereka telah merilis EP berjudul SPACE READER pada akhir 2012 silam.

Dalam EP tersebut, Suri memainkan salah satu tembang rock lawas milik Duo Kribo berjudul Pelacur Tua. Tentunya versi mereka ini begitu berbeda dengan aslinya, lebih terdengar 'berat' dan 'raw'.

Apalagi dengan raungan distorsi gitar yang mendominasi keseluruhan lagu ini, sangat stoner rock sekali. Penasaran seperti apa hasilnya? yuk simak di sini:



Sedangkan untuk versi aslinya, silahkan dengar di sini:





 

(kpl/fnd)