'Unity In Diversity', Lagu Lama Namun Krusial Dari No Man's Land

Natanael Sepaya  |  Rabu, 15 Juni 2016 19:50
'Unity In Diversity', Lagu Lama Namun Krusial Dari No Man's Land
No Man's Land © No Man's Land/Solid Rock
Kapanlagi.com - Selama 20 tahun berkarya dan tetap konsisten di jalurnya, langkah No Man's Land di skena musik indie Tanah Air memang patut disegani. Setelah merilis napak tilas mereka dalam sebuah buku, kini unit punk-rock/skinhead asal kota Malang ini kembali menegaskannya lewat single baru.

Berjudul Unity In Diversity, track yang jika diartikan secara harafiah sebagai Bhineka Tunggal Ika ini mengangkat tema lama yang sampai saat ini masih terjadi di Indonesia, sadar atau tidak. Ya, krisis toleransi dan isu perbedaan suku, agama, ras, dan antar umat beragama masih jadi pemicu utama atas konflik yang terjadi di berbagai daerah.

'Unity In Diversity', No Man's Land angkat tema lama yang masih aktual dan krusial di Indonesia © No Man's Land/Solid Rock'Unity In Diversity', No Man's Land angkat tema lama yang masih aktual dan krusial di Indonesia © No Man's Land/Solid Rock

Semakin gerah karena isu-isu tersebut kembali digunakan sebagai senjata ampuh dalam perang politik dan kekuasaan di Negeri ini. Realita inilah yang kemudian disuarakan oleh No Man's Land dan menjadi ajakan untuk berpikir serta melihat lebih jernih terhadap keadaan sosial yang ada saat ini.

"Lagu Unity In Diversity ini mengajak kita semua untuk berpikir lebih jernih, bahwa perbedaan itu adalah rahmat. Perlu dicatat, bahwa tidak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang terlahir berdasarkan pesanan, melainkan atas kehendak sang Ilahi," ujar Didit Samodra selaku frontman No Man's Land dalam press release yang kami terima dari Solid Rock.

Bukan menghakimi, Unity In Diversity ajak kita untuk melihat dan berpikir lebih jernih © No Man's Land/Solid RockBukan menghakimi, Unity In Diversity ajak kita untuk melihat dan berpikir lebih jernih © No Man's Land/Solid Rock

"Jangan salahkan mereka yang terlahir Cina, Jawa, Sunda, Arab, Bule, berkulit hitam atau sawo matang. Karena Tuhan tidak pernah menawarkan pada kita untuk memilih sebagai apa dan terlahir dari rahim Ibu yang mana. Tugas kita adalah saling mengenal dan menghargai perbedaan, bukannya saling menghakimi," lanjutnya.

Untuk itu, No Man's Land pun langsung meretas music video untuk merepresentasikan pesan tersebut secara visual. Dirilis sebulan lalu lewat channel YouTube oioimusicdotcom milik Aggrobeat Records, Unity In Diversity terus mendapat respon positif hingga dinobatkan sebagai video of the week oleh situs punkonline.co.uk, Inggris.

Unity In Diversity ini sendiri nantinya akan masuk ke dalam album terbaru No Man's Land yang akan dirilis akhir tahun 2016 di bawah naungan salah satu label musik independen Belanda, Aggrobeat Records. Untuk Kamu yang penasaran, langsung simak music video mereka di halaman ini.

Yakin Sudah Baca Yang Ini?

Bayside, Rilis Klip 'Pretty Vacant' Untuk Mereka Yang Hilang Arah

'Voldemort', Bentuk Perlawanan With Confidence Atas Ketakutannya

Moose Blood, Representasikan Musik Emo Lewat Video 'Knuckles'

'Assume', Jadi Gaung Awal Untuk Kehadiran Album Baru Sylar

Resmi, Sum 41 Bakal Merilis Album Barunya di Bulan Oktober!