Ulang Tahun Ke-42, Pola Hidup Kaka Slank Berubah

Ferry Sanjaya  |  Kamis, 10 Maret 2016 18:22
Ulang Tahun Ke-42, Pola Hidup Kaka Slank Berubah
Kaka Slank Kapanlagi
Kapanlagi.com - Kebahagiaan datang dari vokalis grup band Slank, Akhadi Wira Satriaji atau yang akrab disapa Kaka Slank. Tepat hari ini Kamis (10/3/2016) genap berusia 42 tahun. Putra bungsu dari empat bersaudara ini lahir di Jakarta pada tahun 1974. Sejak duduk di bangku SMP Kaka sudah mulai bermusik.

Sejak kecil, Kaka sudah kehilangan ibunya yang meninggal ketika dirinya berusia dua tahun. Tak lama setelah ditinggal ibunya, sang ayah pun meninggal. Kala itu Kaka menjadi anak yatim piatu, dia hidup bersama tiga saudaranya, yaitu Koko, Kiki, dan Santi.

Hidup Kaka pun mulai tak jelas, sampai akhirnya Kaka diajak bunda Iffet (Ibunda Bimbim) untuk tinggal di Potlot. Ajakan bunda Iffet bertujuan agar hidup Kaka lebih jelas dan bisa meneruskan sekolahnya.

Kaka Slank  KapanlagiKaka Slank Kapanlagi

Sejak tinggal di Potlot, Kaka diajak oleh Massto (Kakak Bimbim) untuk membentuk band Lovina. Padahal saat itu Kaka terbilang masih SMP, namun lantaran sudah sering mendengarkan lagu-lagu seperti Bob Marley, Jimi Hendrix, Iron Maiden, David Coverdale akhirnya Massto mengajak Kaka untuk bermain band.

Bersama Massto(Drum), Suud (Gitar), Kaka (Vokal), Ferry (Bass), dan Wawan (Keyboard), dia mulai rutin mengasah suaranya itu. Sayang, band bentukan Massto itu tak bertahan lama, akhirnya bubar.

Sejak di Potlot, keberuntungan menghampiri Kaka, usai membentuk band Lovina, pria yang mempunyai tato SKA itu direkrut Bimbim untuk menjadi vokalis Slank pada tahun 1989 setelah ditinggal Well Willy.

Lagi-lagi ketika menjadi vokalis Slank, 'anak hilang' itu bener-benar membawa keberuntungan bagi Slank. Sebab, setelah menjadi bagian Slank, akhirnya band bentukan Bimbim itu masuk dapur rekaman. Padahal sebelum Kaka direkrut Bimbim, Slank hanya pasang surut.

Di tahun 1990 Slank berhasil mengeluarkan album perdananya yang bertajuk SUIT SUIT HE.. HE.. Kaka pun akhirnya dikontrak Bimbim selama dua tahun untuk mengisi suara di grup band Slank. Namun melihat Kaka mempunyai bakat bagus, Bimbim akhirnya menetapkan Kaka sebagai vokalis Slank hingga saat ini.

Kaka Slank  KapanlagiKaka Slank Kapanlagi

Selain bermusik, Kaka mempunyai hobi menggambar. Hal itu terbukti dari beberapa cover album Slank, dari hasil kreativitas Kaka. Sejak di Slank bersama Bimbim, Pay, Indra, dan Bongky, hidup Kaka hidupnya mulai terarah.

Kaka pernah gagal menjalin rumah tangga, dan mempunyai satu orang anak dari hasil pernikahan dengan istri pertamanya, yang diberi nama Soleil Ulka Ababilluna (6 Agustus 1996). Pada tahun 2002 pria yang gemar travelling itu menikahi gadis bernama Natascha Oking dan dikaruniai dua orang anak yang diberi nama Chaska Satriadji (6 April 2004), dan Siti Alaula Satriaji (23 Agustus 2007).

Kesuksesan bersama Slank membuat namanya dikenal banyak orang. Sayang, ketika puncak kepopulerannya bersama Slank, Kaka terjerumus narkoba. Awalnya, Kaka hanya coba-coba beberapa jenis narkoba. Namun, karena merasa keenakan, akhirnya ayah tiga anak itu menjadi pecandu.

Bertahun-tahun Kaka menjadi pecandu narkoba, sampai akhirnya pada tahun 2000, vokalis yang berkali-kali merubah gaya rambutnya itu berhenti menggunakan narkoba.

Demi terlepas dari barang-barang haram tersebut, Kaka bersama dua personel Slank lainnya, Bimbim dan Ivan meminta bantuan terapi dan obat-obatan agar dia bisa terlepas dari narkoba. Setelah berusaha keras melepas dari narkotika, Kaka, Bimbim, dan Ivan akhirnya sembuh dari ketergantungan dari barang haram itu.

Kaka Slank  KapanlagiKaka Slank Kapanlagi

Berjalannya waktu, pola hidup Kaka pun berubah. Setelah terlepas dari narkoba, beberapa tahun belakangan ini dia juga sudah berhenti merokok. Bahkan, belum lama ini dia mengatakan sudah tak makan nasi demi menjaga pola hidupnya.

"Udah lama nggak makan nasi, tapi saya mikirnya gini, pola kerja gue di Slank, cara gue manggung di atas panggung gimana. Mau nggak mau dituntut badan yang sehat dan fit. Supaya bisa fokus membawakan berpuluh puluh lagu. Mau nggak mau mindset gue berubah. Pola makan pola tidur," kata Kaka, saat ditemui di Potlot, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kaka juga sangat menyukai ikan Hiu. Kecintaannya dengan ikan yang dilindungi itu Kaka rela menato tubuhnya bergambar Hiu. Selain itu juga Kaka juga begitu cinta dengan travelling, dia ikut terlibat mengkampanyekan pulau Bangka, Minahasa Utara, Sulawesi Utara dari ancaman tambang.

Selamat Ulang Tahun Kaka Slank!!

(kpl/far/frs)


The Voice Indonesia membuat Kaka Slank 'turun dari gunung'. Selama perjalanan hidupnya ini adalah pertama kalinya dirinya menjadi juri dalam ajang pencarian bakat.
12 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -