Terinspirasi Gigi, Band Mosca Gaet Baron Dan Budhi Haryono

Mahardi Eka Putra  |  Jumat, 05 September 2014 12:50
Terinspirasi Gigi, Band Mosca Gaet Baron Dan Budhi Haryono
dok. KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Gigi, band yang saat ini digawangi oleh Armand Maulana, Thomas Ramdhan, Dewa Budjana, dan Gusti Hendy merupakan salah satu band yang bisa bertahan hingga puluhan tahun di industri musik Indonesia. Tak heran jika banyak band atau musisi menjadikan mereka sebagai inspirasi.

Begitu pun dengan Virda (vokal), Keken (gitar), Haney (drum), dan Raymon (bas) yang tergabung dalam Mosca. Band yang berada di bawah label Sony Music Indonesia ini mengaku begitu mengidolakan Gigi. Tak hanya dalam karya, namun juga kepribadian dari masing-masing personil.

"Sesuai nama kami, Mosca yang merupakan bahasa Italia berarti bebas. Kami pengen bermusik, tapi bebas. Keluarin kreativitas. Minimal pengen bisa seperti Gigi," kata Virda di bilangan Senayan, Jakarta Pusat (3/9).

"Mereka besar banget, stabil, ga pernah turun, tiap tahun keluarin album. Mereka juga humble. Banyak belajar dari mereka. Gigi, Sheila on 7, PAS Band. Kalau tur bareng mereka, ga pernah ada batasan. Mereka low profile banget. Itu yang membuat mereka masih bisa bertahan. Karenanya, di album yang rencananya rilis pertengahan tahun ini, kami gaet beberapa musisi diantaranya mantan personil Gigi, Baron dan Budhi Haryono," tuturnya.

Saat ini mereka tengah sibuk melakukan promosi lagu ternanyarnya berjudul Tak Bisa Menggantimu. Tanggal 2 hingga 20 September ini, mereka akan melakukan roadshow di radio dan disusul dengan on air di sejumlah acara musik pada pertengahan bulan ini.

"Tak Bisa Menggantimu rilis Juli lalu. Lagu mellow, beberapa radio sih sama, masuk chart satu. Lagu ini ciptaan Teguh, vokalisnya Vagetoz," tukasnya.

Diakui, ini merupakan tantangan bagi Mosca yang terbiasa dengan musik up beat. "Kita dikasih tantangan. Kita bikin up beat udah biasa, mellow justru tantangan. Masih belajar. Karena lebih sulit ternyata. Harus penjiwaan lebih.

Namun, mereka belajar dari beberapa band rock yang ternyata sukses dengan single mellownya, seperti Metallica dengan Nothing Else Matters, juga Dear God-nya Avenged Sevenfold. "Harus nurunin ego ama idealisme. Tapi rocker juga manusia. Dan di lagu ini, musiknya juga ga berubah banget. Temponya doang yang beda. Ini mellownya Mosca," tandas band pemilik tembang Cinta Terakhir tersebut.

Mosca BandMosca Band

Berita Unik Dari Dunia Musik

6 Musisi Ternama Ini Sukses Cetak Rekor Dunia

6 Penjualan Album Superstar Terburuk Tahun Ini

Charli XCX Dituduh Self-Service Saat Siaran Radio

6 Alasan Musisi Lakukan Lipsync Saat Perform

7 Soundtrack 'THE FAULT IN OUR STARS' Ini Bikin Nangis!