Tentang Yon Koeswoyo, Rian d Masiv: Saya Kolektor Piringan Hitam Koes Bersaudara

Natanael Sepaya  |  Jumat, 05 Januari 2018 21:22
Tentang Yon Koeswoyo, Rian d Masiv: Saya Kolektor Piringan Hitam Koes Bersaudara
Rian d Masiv © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Belantika musik Tanah Air di tahun 2018 diawali dengan sebuah kabar duka. Tepat pada hari ini, dunia musik harus berduka atas kepergian salah satu musisi terhebatnya, Yon Koeswoyo. Hal yang sama dirasakan oleh Ryan d Masiv yang terkejut ketika mengetahui Yon Koeswoyo menghembuskan napas terakhirnya dari grup musisi senior.

"Mendengar kabar tadi pagi. Saya (dapat) kabar dari grup penyanyi senior. Awal tahu dari Glenn (Fredly) di grup, langsung update di sosmed. Kebetulan dia (Om Yon) sakit di rumah sakit, aku sempat jenguk. Sebenarnya dia sudah sehat dan manggung lagi. Om Yon manggung tahun lalu. Dia gak mau dan takut ke dokter, katanya dia manggung dan nyanyi hilangkan penyakitnya," aku Rian, saat ditemui di kawasan Pamulang, Tangsel, Jumat (5/1).

Ryan yang juga mengenal sosok vokalis Koes Plus itu juga mengungkapkan sejumlah kenangan yang ia miliki tentang Yon Koeswoyo. Tak hanya memberi inspirasi, Ryan yang mengkoleksi seluruh piringan hitam Koes Plus mengaku jika Yon Koeswoyo cs memberinya semangat untuk terus produktif dalam berkarya.

© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya© KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

"Kenangan sama om Yon banyak yah. Saya kolektor piringan hitam Koes Bersaudara. Saya sering ke sini. Dia sangat membaanggakan, Koes Plus. Album sudah 100 kaset kan, buat ngejar mereka susah dan sangat produktif saat itu. Ada lagu yang bagus banget dan lirik sederhana, kuping (jadi) enggak kacangan. Maknanya dalem banget. Saya terakhir ke sini, dia pesan percaya Koes Plus dan berkarya terus," lanjutnya.

Tak hanya itu saja, Ryan juga masih ingat ketika ia berbagi panggung hingga membuatnya ingin berkolaborasi dengan Yon Koeswoyo. Bahkan, Ryan menceritakan keinginannya meminta tanda tangan Yon Koeswoyo untuk salah satu album musik yang ia miliki.

"Pernah sepanggung. Kolaborasi belum pernah. Sebenarnya pengin banget sih. Sebenarnya penyelenggara dulu pengen buat kolaborasi. Aku ketemu om Yon (mau) bawa piringan hitam. Kalau ada waktu ketemu, minta tanda tangan ke dia. Ada album keroncong, Jawa, anak, pop, dan lain-lain. Ada album yang keren banget kan, Koes Bersaudara sempat masuk penjara kan, (terus) dia buat album. Koes Bersaudara pernah buat lagu marah-marah dengan genre rock. Mereka lengkap banget," pungkasnya.

Yakin Sudah Tahu Yang Ini?

Ini Pesan Terakhir Almarhum Yon Koeswoyo, Bakal Dimakamkan Besok

Kronologi Meninggalnya Yon Koeswoyo Vokalis Koes Plus, Sudah Ada Firasat

Karena Komplikasi, Musisi Legendaris Yon Koeswoyo Meninggal di Usia 77 Tahun

Kabar Duka, Yon Koeswoyo Vokalis Band Koes Plus Meninggal Dunia

Terkait Meninggalnya Cucu Pemilik Indomie, Sang Ayah Akhirnya Buka Suara

(kpl/aal/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -