Spotify Bakal Tunda Sejumlah Album Baru Untuk Pengguna Gratis

Natanael Sepaya  |  Rabu, 05 April 2017 16:22
Spotify Bakal Tunda Sejumlah Album Baru Untuk Pengguna Gratis
Spotify Istimewa

Kapanlagi.com - Suka atau tidak, sampai sekarang versi gratis atau non-premium Spotify masih menjadi opsi terbaik untuk orang-orang menikmati musik-musik para idolanya. Meski terkadang ada sejumlah iklan maupun promo, tapi Spotify non-premium bisa dibilang sebagai taman bermain para penggunanya kapanpun mereka mau.

Tapi sepertinya sebentar lagi tidak semua lagu baru bisa dinikmati oleh para pengguna Spotify secara gratis. Seperti dilansir dari The AV Club, para user non-premium Spotify nantinya diharapkan untuk upgrade ke versi berbayar untuk bisa menikmati lagu-lagu baru.

Pasalnya baru-baru ini Spotify mengumumkan kalau mereka baru saja menandatangani kerjasama dengan Universal Music Group. Hasil kerjasama ini membuat setiap album baru rilisan Universal Music Group hanya akan bisa dinikmati secara gratis di Spotify selama 2 minggu, terhitung sejak album itu keluar.

Taylor Swift, raih sukses besar ketika menarik album barunya dari sejumlah platform streaming gratis  TPG ImagesTaylor Swift, raih sukses besar ketika menarik album barunya dari sejumlah platform streaming gratis TPG Images

Peraturan baru ini tidak akan berdampak pada semua album baru yang masuk di Spotify. Hanya saja, kebijakan seperti ini akan menguntungkan sejumlah artis besar karena album baru mereka akan lebih menghasilkan untung. Juga tentu saja menjadi kelebihan tersendiri bagi para pengguna Spotify premium.

Pihak Spotify sendiri menegaskan kalau tidak semua album harus dirilis dengan cara yang sama. Tapi jika melirik keputusan Taylor Swift untuk menarik album 1989 dari Spotify di tahun 2014 agar tidak bisa didengarkan streaming secara gratis, bukannya tidak mungkin para artis akan berpikir ulang untuk membiarkan album baru mereka ditunda Spotify sebelum bisa didengarkan publik secara gratis dan mencari untung yang lebih besar.

Selain itu juga keputusan untuk memisahkan album premium ini membuat Spotify hanya perlu menunggu sampai sederet Major Label ikut bergabung dalam kerjasama baru tersebut. Bagaimana komentar kalian, KLovers?

Sudah Baca Yang Ini, KLovers?

10 Tahun Bareng, Bagaimana Rahasia RAN Jaga Kekompakan?

Menyoal Kepopuleran 'Booty Shaking' di Dunia Musik

19 Tahun Eksis, Personel Souljah Ucapkan Terima Kasih Pada Fans

5 Lagu Serial Game 'Final Fantasy' Yang Paling Bikin Gamer Baper

Bicara Musik Sampai Posisi Elephant Kind di Peta Musik Tanah Air

(avc/ntn)



Lihat Arsip Musik

- - -