Single Baru The Upstairs Terinspirasi dari Lukisan Anak Jimi Multhazam

Jum'at, 28 September 2018 15:22  | 

The Upstairs



The Upstairs © Kapanlagi/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Menandai 17 tahun berkarir di industri musik Indonesia, grup musik The Upstairs merilis single terbaru berjudul Semburat Silang Warna. Lagu ini ditulis langsung oleh vokalis The Upstairs, Jimi Multhazam, yang terinspirasi dari lukisan anaknya bernama Pijar.

"Sebelum dapet lirik, gua naik sepeda keliling Jakarta, terus celentang di taman. Terus gua pulang, buka kulkas, gua lihat lukisan anak gua. Semburat Silang Warna itu misalnya mau gambar jalanan, warnanya hitam, itu terus dihitamin, warnanya nggak cuma satu. Dia menggabungkan semua warna," kata Jimi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (27/9/2018).

Melihat lukisan sang anak mempunyai arti cukup dalam, Jimi pun langsung menterjemahkan lukisan tersebut ke dalam lagu. "Gue mencoba menerjemahkan gambar anak gue ke dalam tulisan, pas gue baca oke juga. Gue presentasiin lah," kata Jimi.

(kpl/far/frs)

1. Sudah Digarap Sejak 2016

Tidak mudah bagi Jimi untuk menyelesaikan lagu Semburat Silang Warna. Sejak tahun 2016, The Upstairs sudah menggarap single Semburat Silang Warna ini. Namun, karena kesibukan para personel, single ini baru rampung tahun 2018 ini.

"Prosesnya kalau di runut dari 2016. Awalnya dari lagu Kubil dulu, tiba-tiba 2017 berubah jadi versi remix dan akhirnya kita jadikan single berbeda," kata Jimi.

2. Luncurkan Video Musik Juga

"Sebenarnya bukan karena kesibukan. Tapi memang selama 2017, gue lagi banyak dengerin musik jaman SMA. Lagi nostalgia parah gitu. Makanya ketika disuruh bikin lirik ini seharusnya throwback lagi ke musik jaman gue anak-anak," lanjut Jimi.

Bersamaan dengan perilisan single, The Upstairs juga meluncurkan video musik Semburat Silang Warna di YouTube. Berkolaborasi dengan Toma dan Kako, video musik Semburat Silang Warna ini sangatlah unik. Pasalnya, dalam video musik tersebut, The Upstairs mengusung konsep arcade game era 90-an.

3. Dirilis Dalam Bentuk CD

"Kita mau bikin animasi simpel, itu referensi kartun Captain America jaman dulu. Secara teori gampang, tapi karena kita manggung proyek itu mundur. Akhirnya ini kayaknya kita harus kolaborasi," tandas Jimi.

Single Semburat Silang Warna juga dirilis dalam bentuk CD rilisan Langen Srawa Records. Selain Semburat Silang Warna, ada empat lagu lain yang diambil dari single-single terdahulu The Upstairs. Seperti, Televisi, Alexander Graham Bella, Junk Food Sodom Gomora, dan Luar Biasa Terkesima.

(kpl/far/frs)