'Simalakama', Hasil Pertemuan Musik R&B dan Dangdut?

Natanael Sepaya  |  Kamis, 23 April 2015 02:45
'Simalakama', Hasil Pertemuan Musik R&B dan Dangdut?
Gilang Dirgahari - Selvi Kitty ©Istimewa

Kapanlagi.com - Apa jadinya kalau musik dangdut bertemu R&B? Pasti nggak kebayang kan. Nah, jawabannya ada dalam single terbaru yang dinyanyikan Gilang Dirgahari dan Selvi Kitty yang berjudul Simalakama.

Adalah produser film BALADA ANAK NEGERI sekaligus pencipta lagu Simalakama yaitu Emil Bias selaku pencipta lagu tersebut. Bukan tanpa alasan, Emil memang ingin mempertemukan budaya berbeda dari dua artis Indonesia yang potensial.

“Secara musikalitas Simalakama adalah lagu dangdut eksperimental. Beat-nya R&B, chord-nya lebih banyak harmoni jazz, sementara dangdut cuma ada di tabla dan vokal Gilang serta Selvi,” jelas Emil.

Dibantu penyanyi Anderta Depama, Emil berusaha memodernisasikan dangdut dengan sentuhan R&B. Gilang yang biasa bernyanyi pop R&B pun diminta berdangdut ria. Sementara Selvi yang aktif sebagai penyanyi dangdut harus bernyanyi falsetto dan lebih banyak nge-pop.

Simalakama, hasil paduan musik R&B dan dangdut yang dikemas dengan harmoni jazz ©MahakaryaSimalakama, hasil paduan musik R&B dan dangdut yang dikemas dengan harmoni jazz ©Mahakarya

“Dangdut saat ini sedang hype. Mumpung lagi tren, kenapa nggak kita bikin yang berkualitas dan gue lihat dua penyanyi ini punya skill yang hebat. Kita buat lebih berkelas,” tuturnya.

Di kesempatan yang sama Gilang pun mengaku tak terlalu kesulitan menyanyikan lagu dangdut. Tumbuh besar mendengarkan lagu-lagu Melayu serta India, bagi Gilang, menyanyikan lagu dangdut jadi tantangan tersendiri baginya.

“Ini memang hal baru walaupun ada beberapa kesempatan pernah diminta juga nyanyi dangdut di acara-acara dan dari kecil sudah biasa. Tapi ketika tahu bernyanyi bareng pedangdut sesungguhnya baru deh tantangan banget,” jelas Gilang.

Simalakama sendiri adalah soundtrack dari film BALADA ANAK NEGERI yang rencananya akan dirilis tahun ini dibintangi Komo Ricky dan Masayu Anastasia. Diadaptasi dari film tersebut, lagu Simakalama bercerita tentang seorang perempuan yang harus memilih dua cinta. Rumitnya dua cinta tersebut adalah adik kakak yang bersama sang perempuan tumbuh besar bersama.

Sudah Baca Yang Ini?

Sudah Gede, Gilang Dirga Masih Suka Kartun!

Gilang Dirga Tirukan Suara Expert di Rising Star, Mirip?

Awal Tahun, Inilah Empat Program Baru Dari Trans TV

(kpl/hen/ntn)


Lihat Arsip Musik

- - -