Setelah Rilisan Perdana Sukses, Kini Ria Prawiro dan Mark Pattie Kali Kedua Kolaborasi Rilis Lagu Bertajuk 'Sepanjang Nafas'

Senin, 22 November 2021 12:32


Ria Prawiro dan Mark Pattie Kali Kedua Berkolaborasi (credit: Dokumentasi Pribadi)

Kapanlagi.com - Ria Prawiro dan Mark Pattie kembali merilis lagu setelah rilisan perdananya yang berjudul Tetap Cinta ini telah sukses. Mereka pun kali kedua berkolaborasi yang kembali meluncurkan lagu bertajuk Sepanjang Nafas.

Kolabrasi ini dipilih oleh tim Kariza Music dalam rilisan terbaru record label. Ria Prawiro mengaku nyaman dengan karya barunya tersebut.

“Melodi lagunya light dan massive. Mark juga sanggup menyanyi dengan karakter Pop illustratif,” ungkap Ria, yang tercatat begitu dinamis merilis karyanya sejak 3 tahun belakangan ini.

Sedangkan Mark Pattie sendiri mengaku bahwa dirinya banyak belajar di Kariza Music. “Saya banyak belajar di Kariza Music. Terutama menyanyi dengan karakter dan teknik yang berbeda dengan yang saya jalani selama ini, yaitu RnB dan Nu Soul. Di karya mama Iya (Ria Prawiro) saya menyanyi dengan pakem Pop. Dan itu saya menikmatinya, karena menyanyi bagi saya berasal dari hati.” ucap Mark Pattie.

1. Wajib Bingkai Materi Lagu

Gihon Lohanda sebagai music director yang merangkap sebagai gitaris, mixed & master engineer pun tertantang. Gihon wajib membingkai materi lagu yang sudah nyaman ini, dengan misi musik ke pendengar muda.

“Hari gini music lover – apalagi yang millenials, lebih menyukai musik yang simple. Nah itu tantangan buat kami yang biasa menulis aransemen dengan dimensi instrument yang lengkap,” ujar Gihon. Ini dibenarkan oleh arranger, Juan Mandagie.

“Bagian paling bikin seru saat meramu part of string section,” ujar Juan. Karena Juan menyadari bahwa unsur orkestrasi adalah esensi mendasar citarasa musik Ria Prawiro. “Itu sudah jadi seperti komitmen saya sejak terjun di industri Musik beberapa dekade lalu, “ ungkap Ria. “Saya memang penikmat orchestra music,” tambahnya. Rupanya hal ini terus menginspirasi Ria dalam berkarya.

2. Miliki Kepekaan Estetika dan Kebebasan Ekspresi

Sebagai Singer Song Writer, Ria Prawiro memiliki kepekaan estetika dan kebebasan berekspresi. Antara lain bisa mengukur lagu yang ideal bagi vokalnya. Namun mengapa Ria enggan menyanyikan karyanya?

“Setiap orang mendapat karunia dari Tuhan. Biarlah karya saya dinyanyikan oleh ‘proper’ Singer,” arguenya.

Nah, kini Ria kembali bernyanyi, Untuk karya barunya Lilin Terang? Faktor utamanya karena Lilin Terang adalah rapalan doa seorang Ibu terhadap anaknya. “Yang paling pas dan punya kepentingan menyanyikannya ya mba Ria, selain karena dia juga seorang Ibu,” tegas music director Gihon Lohanda.

Mendapat gempuran support ini, akhirnya “Iya deeeh, saya coba menyanyikannya,” senyum Ria. Hasilnya? Spotify Asia mengapresiasi dengan masuk di Playlist “Fresh Finds Indonesia”. Wow!

3. Tentang LILIN TERANG

Setelah belasan tahun tidak menyanyi, timbre vokal Ria tetap sama, prima dengan penjiwaan terjaga. Ternyata Ria pernah bergabung di Bina Vokalia nya almarhum Pranajaya.

Tentang Lilin Terang, Ria memiliki misi begini “Semoga Ibu yang lain juga bisa menikmati atau malah ikut menyanyikan lagu ini untuk anak mereka. Melodinya simpel, liriknya adalah kekuatan sebuah doa ,” ungkap Ria.

Lilin Terang adalah lagu yang dirilis sebulan lalu, mendahului Sepanjang Nafas.

Kita ikuti terus perjalanan dua lagu ini menuju hits dan kembali didengar ratusan ribu music lover di streaming digital dan tentunya tidak hanya di Indonesia.

Jangan Lewatkan

A2L, Grup Musik Timor Leste Coba Peruntungan di Indonesia

Kembali Digelar dengan Konsep Daring, Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 Dihelat Seperti Benar-benar Live dan Dihibur oleh Pamungkas - Tulus

Cita Citata Angkat Kisah Penyandang Disabilitas Lewat Lagu

Fimela Fest 2021: Dari Beauty Class Sampai Music Performance, Semua Keseruan Ada di Sini!

Gugun Blues Shelter Bikin Festival Sendiri Lewat Album 'GBSFEST', Kerja Sama dengan Demajors dan Hadirkan Musik yang Variatif

(kpl/bus/nda)