Setelah Mempatenkan Nama Baru, Ini Perubahan yang Dilakukan Coconut Treez Sebelum dan Sesudah Meninggalnya Sang Vokalis

Penulis: Dian Eka Ryanti

Diterbitkan:

Setelah Mempatenkan Nama Baru, Ini Perubahan yang Dilakukan Coconut Treez Sebelum dan Sesudah Meninggalnya Sang Vokalis
Perubahan yang Dilakukan Coconut Treez © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Nama band Coconut Treez nampaknya sudah tak asing lagi di telinga para pecinta musik tanah air. Tahun 2021 jagat hiburan tanah air telah kehilangan salah satu musisi terbaik Indonesia, yaitu Steven N. Ia merupakan pendiri sekaligus vokalis dari Coconut Treez. Siapa sangka sebelum pergi selama-lamanya, nama band Coconut Treez akhirnya dipatenkan. Berawal dari celetukan almarhum untuk menghilangkan 'Steven' jadi 'Coconut Treez' aja.

Banyak cerita sebelum Steven N Kaligis memutuskan untuk mengganti nama band yang telah membesarkan nama mereka menjadi Coconut Treez saja. Dilema besar dirasakan oleh para personel yakni Rival (bass), Tege (gitaris), dan Aci (Drummer). Karena hal ini adalah keinginan dari mendiang vokalis, Steven N Kaligis.

Saat ditemui di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan, belum lama ini. Rival menceritakan banyak hal yang akan dilakukan oleh Coconut Treez pasca pergantian nama. Membuat album yang berbeda dari sebelumnya, dimana para personel diharuskan untuk menciptakan lagu adalah langkah pertama Coconut Treez.

"Ada beberapa pola yang kita ubah waktu itu dan almarhum juga bilang kita buat album, tapi di album itu masing-masih buat lagu karena sebelumnya hampir delapan puluh persen lagu almarhum Steven Kaligis yang ciptain dan yang aransemen juga. Biarpun pas rekaman aransemen bareng," ungkap Rival.

 

1. Lagu Baru

Rival menceritakan bahwa lagu yang akan mengisi album baru Coconut Treez ini mengandung lirik yang lebih dewasa. Tak hanya itu, uniknya dalam proses pembuatan, mendiang Steven Kaligis selalu mendatangin rekan-rekannya untuk memantau perkembangan penciptaan lagu masing-masing personel.

"Nah kita di situ yang barunya kita bikin dan aransemen sendiri juga. Kang Aci drumer yang jarang nyanyi bikin lagu, gua sama mas Tege juga bikin lagu. Yang menarik itu kita semakin deket ketika nama Coconut Treez itu kita tancapkan. Berasa dekat banget. Udah jadi cd nya," lanjut Rival.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sebuah Persembahan

Tege pun merasakan hal yang sama seperti Rival, ia juga menceritakan bagaimana lagu yang ia ciptakan. Tege menyebut lagu yang ia tulis akhirnya benar-benar menjadi persembahan untuk almarhum Steven Kaligis yang telah mendahului mereka.

"Gua pengalaman pribadi menceritakan soal almarhum. Gua tuh ketemu almarhum seneng banget ketemu, yang tadinya sore mulu akhirnya pagi. Kita kan di karantina bikin musik jadi setiap pagi ketemu dia. Akhirnya bikin lirik soal persahabatan. Lebih dewasa lagu-lagu di album baru ini," ujar Rival.

 

3. Buat yang Benar-Benar Jauh

Tege mengungkapkan bahwa di album Coconut Treez ini, lagu yang ia buat adalah So Far Away. Menceritakan personel Coconut Treez yang kalau lagi tour pasti jauh dari keluarga. Tapi sebenarnya kalau bagi almarhum ia udah benar-benar jauh.

"Nggak sengaja juga bikinnya. Kayak almarhum itu lagunya ada Tak Terganti," tutup Tege.

 

4. Ingin Personel Lebih Menyatu

Kala itu, Rival mengatakan bahwa mendiang Steven Kaligis beralasan mengganti nama agar bisa lebih bersatu dengan para personel lainnya. Karena memang awalnya Steven & Coconut Treez adalah penyanyi solo yang tampil dengan iringan band, namun seiring berjalannya waktu terbentuk jadi sebuah band beraliran reggae.

"Waktu itu katanya biar nge-blend lah. Kan awalnya Steven & Coconut Treez itu solo yang ngeband. Terus karena sekarang merasa bukan seperti band juga sih tapi udah kayak keluarga, dia nyaranin buat ngilangin namanya. Itu beberapa bulan sebelum almarhum meninggal, kita patenin nama jadi Coconut Trezz," tambahnya.

 

 

5. Sempat Ragu

Dari dipatenkan nama band Coconut Treez ini, Tege menjelaskan ada keraguan untuk pergantian nama. Namun mereka lebih mempertanyakan keseriusan mendiang Steven Kaligis mengganti nama band yang telah membesarkan nama mereka.

"Kita bukannya nggak setuju tapi lebih ke, 'serius nih?' Kan branding-nya nama ini udah lekat banget. Dia bilang 'yakin' ya udah ayo kita mulai dari nol lagi dan kita sepakat. Kita launching kan dan kita pun juga nanya ke komunitas ganti nama gimana nih untungnya mereka apapun namanya tetap support lah," tutup Tege.

Tapi sekarang tetap banyak kok yang dukung Coconut Treez. Para penggemar setia menunggu karya-karya terbaru dari band ini. Nggak sabar mendengar lagu-lagu terbaru Coconut Treez, iya nggak KLovers?

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending