Sering Ngelawak, Andre Taulany Lupa Caranya Take Vocal di Studio

Fitrah Ardiyanti  |  Minggu, 17 Mei 2015 13:22
Sering Ngelawak, Andre Taulany Lupa Caranya Take Vocal di Studio
Andre Taulany/©Kapanlagi.com®/M. Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Lama vakum, mantan vokalis Stinky, Andre Taulany, akhirnya merilis single barunya berjudul Sayangku, Sabtu 16 Mei 2015. Single ini menandai kembalinya sang musisi yang kini lebih dikenal sebagai seorang pelawak setelah enam tahun vakum. Tak heran, terselip keraguan saat dirinya memulai proyek ini.

"Saya sempat ragu, karena sudah hampir enam tahun. Apalagi ini bener project saya sendiri. Sampai ketika masuk studio saya pakai helm dengan senter di atas. Tapi saya rindu degan wangi, suasana studio, sepinya, itu yang saya alami ketika masih di Stinky. Proses adaptasi memang nggak lama. Take vocal banyak ngulang, sampai operatornya bilang, ’Wah sudah lupa, keseringan lawak’," tuturnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Andre harus mengulang take vocal ini berjam-jam lamanya karena masih harus beradaptasi lagi. "Akhirnya saya coba lagi sampai tiga jam, itu belum selesai. Coba-coba lagi hampir satu shift. Dengan kesabaran akhirnya lagu selesai, saya sampai penasaran, ini lagu saya dan mixing akhirnya saya puas," demikian jelasnya.

Demi Sayangku, Andre Taulany rela ulang take vocal hingga berjam-jam/©Kapanlagi.com®/M. Akrom SukaryaDemi Sayangku, Andre Taulany rela ulang take vocal hingga berjam-jam/©Kapanlagi.com®/M. Akrom Sukarya

Ia mulai bersolo karir sejak tahun 2000 dan dipecat dari Stinky pada tahun 2007. Namun, Andre selalu mengatakan yang sebaliknya. "Saya mengeluarkan Stinky. Semua keluar, mereka berempat keluar, dan sekian lama mereka bikin band lagi dengan nama Stinky, tapi saya nggak di ajak," tutur pria 40 tahun ini dengan kocak. "Intinya kita nggak ada dendam. Pada hari ini pun drummer dan keybordis Stinky mengiringi lagu saya," tambahnya.

Meski sudah tak lagi bersama Stinky, namun image dan karakter vokalnya sudah terlanjur melekat pada band yang didirikan pada tahun 1994 ini. Hingga ketika tampil dalam acara komedi, banyak yang memintanya menyanyikan lagu-lagu Stinky. "Bagi Stinky pun tidak ada masalah, karena ketika saya menyanyikan lagu Mungkinkah akan mengenang kembali Stinky," ungkapnya.

Andre juga menyadari bahwa banyak karya-karyanya yang selalu dicibir mirip dengan karya Stinky. "Kalau bicara lagu, mau lagu apapun, pasti akan mirip dengan Stinky. Karena itu sudah karakter vokal," tandasnya.

Jangan Lewatkan

Bukan Lagi Parodi, Andre Taulany Akan Jadi 'Bruno Mars'

Sule Mimpi Diajak Main Oleh Olga Syahputra

Gara-Gara Lagu di 'INI TALKSHOW', Sule Diprotes Tukang Jagung

Setahun Berlalu, Andre Taulany - Sule Akan Punya Rumah Baru

'INI TALKSHOW' Bakal Tambah 2 Anggota Baru, Siapa Saja?

(kpl/aal/tch)


Lihat Arsip Musik

- - -