Selain Reza, Mereka Juga Hengkang di Puncak Karir Bandnya

Jum'at, 26 Desember 2014 09:01  | 

Reza NOAH



Ari Lasso - Reza @foto: KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Sebagai seorang musisi, salah satu penanda kesuksesan adalah popularitas. Mereka biasanya dianggap berhasil bila popularitasnya sudah teruji. Menariknya, beberapa musisi justru memilih pensiun, hengkang atau dikeluarkan dari band yang membesarkan di tengah-tengah masa keemasan.

Fenomena itu sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Seorang musisi tiba-tiba harus meninggalkan atau ditinggalkan band dengan berbagai alasan yang mengejutkan. Publik pun terus dibuat bertanya-tanya dengan kondisi yang terjadi.

Beberapa band besar di Indonesia yang pernah mengalaminya adalah Slank, Peterpan/NOAH dan lain-lain. Siapa saja? Apa yang terjadi? Yuk simak halaman berikut ini.

(kpl/adb)

1. Bongky - Indra - Pay

Pada era-era awal, Slank dikenal sebagai band yang sangat kuat dan identik pada permainan keyboard. Benar, dulu masih ada sosok Indra Q yang kreatif dengan permainannya. Selain itu, gaya Bongky dan Pay juga sangat khas hingga ikut berperan melesatkan popularitas Slank bersama Bimbim dan Kaka.

Sayangnya mereka justru harus terpisah di sela-sela pengerjaan album keenam. Ada beberapa versi alasan keluarnya mereka. Sebagian pihak menyebut Bimbim memutuskan untuk memecat ketiganya. Sementara itu beberapa lainnya meyakini ketiganya memilih mengundurkan diri dari Slank.

Keluarnya mereka jelas membuat publik terkejut. Terlebih saat itu Slank mash berada di puncak karir dan mulai dianggap sebagai salah satu band terbaik pada era tersebut.

Bimbim dan Kaka bertindak cepat dengan menggaet pengganti. Setelah melewati beberapa proses. akhirnya mereka memilih Ridho, Ivanka dan Abdee. Tantangan besar langsung harus dihadapi, yakni membuktikan mereka tetap besar walau ditinggal tiga pilar.

Slank ternyata mampu menjaga kualitasnya. Sementara itu Bongky, Indra dan Pay melanjutkan karirnya dengan sebuah band bernama BIP. Belakangan mereka akhirnya berdamai dan kembali berkawan. Bahkan Pay dan Indra sempat hadir di konser perayaan ultah Slank ke-30.

2. Andika - Indra

Saat masih bernama Peterpan, NOAH sempat mengalami perpecahan yang menyebabkan dua personelnya hengkang. Mereka adalah Andika dan Indra. Keluarnya Andika yang merupakan pencetus nama Peterpan membuat mereka harus berganti nama menjadi NOAH.

Tanggal 4 November 2006 lalu, saat Peterpan merebut banyak penghargaan, keduanya resmi keluar dari Peterpan setelah tak menemui kata sepakat. Lagi-lagi tidak bisa dipastikan apa penyebab sebenarnya di balik perpecahan ini. Namun dalam wawancara dengan KapanLagi.com® delapan tahun lalu, Andika menjelaskan bahwa mereka lah yang dikeluarkan dari band.

"Saya dan Indra resmi dikeluarkan dari Peterpan. Itu lantaran kami berdua tidak lagi cocok dengan musik Peterpan," terangnya. "Dulu sebelum Peterpan berdiri kami sepakat untuk bersama. Sekarang semuanya sudah sirna," tambah pria yang kemudian membentuk band bernama The Titans ini.

3. Anton Sheila On 7

Anton Widiastanto adalah salah satu personel lama Sheila On 7 bersama Eross, Duta, Adam dan Sakti. Ia adalah drummer yang terkenal dengan rambut gondrong khas 90-an saat itu. Sayangnya, karir Anton di Sheila On 7harus terhenti pada paruh akhir tahun 2004.

Sangat mengejutkan memang, sebab saat itu Sheila On 7 dikenal sebagai band yang kompak dan jauh dari masalah. Terlebih pada era tersebut Sheila On 7 sedang menikmati era kejayaannya.

Menurut Anton, ia dipecat dari band karena tidak disiplin dalam bekerja. Saat itu, Anton memang sempat meminta cuti selama dua tahun dari Sheila. Namun ia berkelit dengan mengatakan bahwa cutinya telah disetujui oleh personel lain.

"Aku langsung disodori surat pengunduran diri, yang di dalamnya ada sejumlah alasan mengapa aku harus mengundurkan diri dan pernyataan bahwa surat pengunduran diri itu sepengetahuan semua personel lain Sheila on 7 dan manajer Sheila on 7," tutur Anton pada KapanLagi.com® sepuluh tahun lalu.

"Soal cuti dua tahun lalu itu, aku bilang, sebelum cuti kan aku sudah minta persetujuan personel-personel yang lain dan mereka enggak keberatan," sambungnya

4. Sakti Sheila On 7

Selain Anton, Sheila On 7 juga pernah ditinggalkan salah satu pilarnya, Sakti. Gitaris yang dianggap sebagai tandem sejati Eross ini berpikir untuk mengundurkan diri justru di saat Sheila On 7 berangkat ke Malaysia untuk meraih penghargaan.

Ceritanya, saat itu Sakti sedang berada di toko buku di bandara. Ia tertarik pada sebuah buku berjudul Menjemput Sakaratul Maut Bersama Rosulullah. Seketika ia sadar bahwa dirinya bisa saja menjemput ajal, termasuk dalam perjalanan ke Malaysia. Merasa bekalnya tidak cukup, Sakti memutuskan mundur dari band untuk menekuni agama.

Sakti tidak sepenuhnya mundur dari dunia musik, ia tetap berkarya. Hanya saja, kali ini ia lebih memilih nuansa religi untuk albumnya. Dalam penampilan barunya ini, Sakti juga mengubah namanya menjadi Salman Al Jugjawy.

5. Ari Lasso - Erwin

Sulit dipungkiri kehebatan Dewa 19 di akhir era 90-an. Walau sudah sangat identik dengan Ahmad Dhani, sosok Ari Lasso jelas sulit untuk dikesampingkan. Begitu pula dengan betotan bass Erwin Prasetyo.

Di salah satu masa keemasannya, yakni jelang merilis album kelima, Dhani dan kawan-kawan harus rela Dewa 19 ditinggalkan oleh dua personelnya, Ari dan Erwin. Alasan yang berkembang kala itu adalah Dewa 19 sudah tak tahan lagi dengan kebiasaan Ari mengonsumsi narkoba.

Versi lain menyebutkan bahwa Ari izin untuk mundur demi fokus memulihkan kesehatannya. Posisi Ari akhirnya digantikan oleh Once, yang akhirnya masih bisa mempertahankan sukses Dewa 19.

Belakangan Ari sudah kembali sering berkumpul kembali dengan para personel Dewa 19. Beberapa konser reuni telah digelar. Salah satunya yang baru dihelat di Kota Malang bulan ini.

6. Reza

Akhir tahun 2014 ini, industri musik Indonesia dikejutkan dengan kabar hengkangnya Reza dari NOAH. Awalnya, label mereka, Musica sudah lebih dulu memberi isyarat tentang kepergian drummer humoris ini. Sahabat NOAH dibuat heboh seketika dengan isyarat tersebut, beberapa di antaranya mulai menyadari ada suatu hal besar yang bakal meletus di tubuh NOAH.

Tanggal 22 Desember, misteri itu terjawab sudah. Lewat konferensi pers yang digelar di Studio Musica dijelaskan bahwa Reza memang bakal hengkang. Konser penutup tahun pada 31 Desember bakal menjadi panggung perpisahan baginya. NOAH pun bergegas mengaudisi additional player untuk menggantikan Reza.

Alasan yang diungkapkan oleh Reza saat itu masih menggantung. Tanpa menyebutkan secara spesifik, ia mengaku harus fokus pada hal lain di luar NOAH. Keputusan itu sudah ia pikirkan masak-masak jauh hari sebelumnya.

Beberapa hari sebelum konferensi pers tersebut, Reza sebenarnya sudah lebih dulu mengatakan alasannya. Pada sebuah wawancara dengan acara Selebrita Siang, Reza menjelaskan bahwa ia lebih memilih mendalami agama Islam sehingga harus hengkang dari NOAH.

JANGAN LEWATKAN

Belum Ada Tawaran, El Rumi Tak Keberatan Jadi Drummer NOAH

Pesan dan Kesan Empat Personel NOAH Tersisa Untuk Reza

Benarkah El Rumi Calon Drummer NOAH? Ini Tanggapan Musica

Gantikan Reza, El Rumi bakal Jadi Drummer NOAH?

Hengkang, Bagaimana Dengan Royalti Reza di NOAH?



(kpl/adb)