Rival The Coconut Trees, Suntikan Semangat Cozy Republic

Noviana Indah TW  |  Minggu, 06 Juni 2010 15:40
Rival The Coconut Trees, Suntikan Semangat Cozy Republic
Cozy Republic Foto: Anto

Kapanlagi.com - Cozy Republic menggeliat kembali di tahun 2010 ini dengan melempar single baru bertitle REPUBLIK UYEE seusai kerja sama pertamanya dengan Greenlabs. Hits Republic Uyee sejatinya hasil olah kembali album debut mereka di tahun 2008 dengan format band baru, yang ditandai dengan masuknya Indha (keyboard) dan Rival (bass) untuk melengkapi barisan Cozy Bastian (vokal), P'nyot (gitar) dan Uvi (drum).

Dengan masuknya Indha dan Rival, Cozy Republic semacam mendapatkan suntikan darah baru, seperti diakui Cozy Bastian.

Mereka membuktikan pada masyarakat bahwa reggae tidak melulu lagu-lagu Bob Marley. Indonesia pun bisa punya Reggae Indonesia.
Mbah Surip
 

"Mereka buat kita adalah spirit baru. Di dunia reggae siapa yang tidak kenal mereka. Indha adalah sosok di belakang kesuksesan lagu Tak Gendong–nya Mbah Surip. Dan, Rival adalah bassist Coconut Trees. Selain memberi warna baru, mereka membuat semangat yang segar bagi Cozy Republic," katanya,

Sebaliknya, Rival mengaku menemukan suasana dan ritme yang berbeda di Cozy Republic setelah Coconut Trees memutuskan vakum untuk sementara waktu.

"Saya menemukan sesuatu yang lain di sini, Cozy punya karakter tersendiri yang tidak ada di band reggae lainnya apalagi sekarang sudah indie label jadi bisa lebih bereksplorasi," tuturnya dalam percakapan santai di base camp Cozy Republic di bilangan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (03/06).

"Kami pengen lebih pure saja cita rasanya," sambung Cozy Bastian. "Kalau kita mengikuti industri permintaannya pasti pop melayu seperti itu, makanya kami memilih untuk keluar dari label. Idealis tapi grassroot–nya lebih jelas."

Apalagi, saat ini Cozy Republic punya komunitas Republic Uyee – sebuah komunitas yang nyaman dan menyenangkan dengan salam kata Uyee yang tidak selalu identik dengan rambut gimbal dan ganja.

"Ah, itu kan budaya mereka (Jamaica), bagi kita yang penting hatinya. Kita ingin buktikan kalau reggae Indonesia itu punya ciri khas sendiri, Uyee," tukas Cozy Bastian.

Untuk album atau single REPUBLIC UYE, Cozy Republic mempunyai keyakinan akan bisa lebih diterima masyarakat Indonesia yang tropikal seperti negara asalnya Jamaica. Reggae diyakini mulai mendapatkan tempat yang cukup kuat di hati masyarakat Indonesia berkat kerja keras figur–figur macam: Tony Q Rastafara, Mbah Surip (alm), Imanez (alm), dan Steven and The Coconut Trees.

"Mereka membuktikan pada masyarakat bahwa reggae tidak melulu lagu-lagu Bob Marley. Indonesia pun bisa punya Reggae Indonesia," pungkas Cozy Bastian.   (kpl/ato/npy)

Lihat Arsip Musik

- - -