Ritual Unik Para Musisi Indonesia Sebelum Manggung

Kamis, 25 September 2014 19:01  | 

Agnes Monica



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Menjelang penampilan, backstage menjadi senyap, nampak seorang artis yang bersiap-siap menjelang penampilannya. Ada yang terlihat gugup, ada yang diam dan ada pula yang bisa mengontrol diri.

Demam panggung mulai menyergap para musisi ini, meski mereka bolak balik menggelar pertunjukan di berbagai kota. Untuk mengatasinya, mereka memiliki ritual tersendiri sebelum naik panggung, entah berupa pemanasan atau melakukan hal unik lainnya.

Seperti apa ya ritual yang mereka lakukan? Yuk kita simak satu persatu. (kpl/faj)

1. Agnez Mo

Sorak sorai penonton yang dipimpin oleh MC memanggil nama Agnes Monica untuk segera ke panggung. Namun penyanyi Coke Bottle ini tak kunjung menampakkan batang hidungnya.

Sementara itu di backstage, Agnes nampak fokus melakukan peregangan. Dia melemaskan ototnya agar bisa luwes saat tampil. Pasalnya penyanyi satu ini sangat atraktif dan selalu all out dalam penampilannya.

Ritual ini tak lepas dari keseharian Agnes ketika manggung. Dia pasti akan meminta waktu sejenak hingga dia menyatakan diri siap untuk tampil.

2. Raisa

Setiap penyanyi memiliki ritual tersendiri sebelum tampil. Begitu halnya Raisa yang selalau mempersiapkan diri sebelum membius penonton dengan suaranya yang merdu.

Raisa tak membutuhkan banyak gerak atau melakukan tarian saat tampil, sehingga dia hanya melakukan pemanasan pada tenggorokannya. Setiap menjelang tampil dia selalu meminum sebuah ramuan.

Ketika ditanya, Raisa pun membeberkan ramuan yang terdiri dari air hangat, lemon dan madu. Dia meminum setiap menjelang tampil untuk melemaskan tenggorokannya.

3. Souljah

Berbeda dengan musisi lainnya, Souljah memiliki dua ritual yang mereka lakukan. Ritual ini bahkan menjadi bagian aksi panggung yang selalu dinanti oleh penonton.

menjelang tampil mereka selalau melingkar dan berdoa bersama agar diberi kelancaran. Dan ketika di atas panggung saat lagu SKS mereka pun menjalankan ritualnya.

Dansa SKS ini sebelumnya dilakukan tanpa sengaja. Namun karena terlihat asyik dan mudah, maka semua personel pun menirukannya. Ritual ini menjadi gimmick dalam setiap konser Souljah.

4. Ariel NOAH

Vokalis ganteng lebih suka mengurung diri di backstage sebelum konsernya dimulai. Dia nampak terlihat sibuk dan ternyata bukan melakukan pemanasan, namun sibuk bersolek.

Di antara personel lainnya, Ariel memang terkenal ribut dalam urusan penampilan. Wajar sebagai frontman porsi sorotan untuknya sangatlah banyak.

Dia bisa berlama-lama di depan meja rias hanya untuk merapikan rambutnya. Dia tak ingin tampil dalam kondisi tak sempurna karena khawatir tidak menghargai penggemarnya.

5. White Shoes And The Couple Company

Band pop retro uni memiliki ritual masing-masing yang dilakukan oleh personelnya. Meski terlihat santai namun mereka nampak sibuk mengusir ketegangan menunggu giliran main.

Beberapa personel nampak memainkan gitar melakukan briefieng dadakan. Sementara Sari dan Mela nampak memperbaiki make upnya sembari mengobrol sedangkan Ricky Virgana nampak sibuk merokok sembari mondar mandir di backstage.

Menjelang tampil, mereka pun melakukan doa bersama agar diberi kelancaran saat tampil. Ritual ini selalu dijalankan oleh WSATCC setiap saat.

6. Cakra Khan

Gadget seakan tak lepas dari keseharian Cakra Khan saat di backstage. Dia bakal menenteng sembari menunggu giliran tampil.

Usai pelemasan, dia pun asyik memilah-milah lagu di halaman Youtube. Ketika menemukan video yang pas dia pun mendownloadnya.

Terkadang penyanyi bersuara serak ini juga bernyanyi sembari pemanasan untuk membunuh waktu. Menurutnya youtube sangat memperkaya dirinya dalam referensi lagu.
(kpl/faj)