Rilis Ulang Lagu 'Mengertilah Kasih', Afgan dan Andi Rianto Hadirkan 65 Pemain Orchestra

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diterbitkan:

Rilis Ulang Lagu 'Mengertilah Kasih', Afgan dan Andi Rianto Hadirkan 65 Pemain Orchestra
Afgan dan Andi Rianto Hadirkan 65 Pemain Orchestra (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Label rekaman Trinity Optima Production merilis ulang lagu Ruth Sahanaya berjudul Mengertilah Kasih. Kali ini, lagu yang ditulis oleh mendiang Indra Safera dan Andi Rianto itu dinyanyikan kembali oleh Afgan. Tak sendirian, pada lagu ini Afgan berkolaborasi dengan Andi Rianto, sang pencipta lagu.

Afgan menjelaskan, projek kolaborasi dengan Andi Rianto bermula disaat ia mengerjakan album Dekade pada tahun 2018 lalu. Dari situ Afgan tertarik untuk menyanyikan ulang karya-karya Andi Rianto.

"Terus Mas Andi bilang 'aku pengin deh suatu saat bikin rangkaian lagu-lagu yang aku pernah aku ciptain sebaur sama penyanyi baru. Terus habis itu aku langsung bilang sama Mas Andi, 'Mas aku mau'. Udah di-tag duluan dari 2018," kata Afgan dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (17/5/2023).

1. Tak Banyak Persiapan

Andi Rianto mengungkapkan bahwa, tak banyak persiapan dalam mengaransemen ulang lagu Mengertilah Kasih. Sebab ia sudah tahu betul karakter suara pelantun lagu Sadis tersebut. Terlebih lagi, ia sudah bekerjasama dengan Afgan sejak tahun 2009 silam.

"Saya sudah tahu banget karakter Afgan gimana, dari tahun 2009 aransemen lagu 'Bukan Cinta Biasa', kemudian 'Bunga Terakhir'," kata Andi Rianto.

Lagu Mengertilah Kasih dengan versi terbaru tentu saja berbeda dari sebelumnya yang pernah dinyanyikan oleh Ruth Sahanaya. Yang terbaru, Andi Rianto mengaransemen dengan memasukan suara orkestra dari Budapest Scoring Orchestra.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. 65 Orang Pemain dari Budapest

"Versi terbarunya diwujudkan dengan kehadiran orchestra yang terdiri dari 65 orang pemain dari Budapest. Secara musik ini remake yang berhasil karena nyawa lagunya enggak hilang," ujar Andi Rianto.

Sementara itu, Afgan sendiri bersyukur bisa dipercaya menyanyikan lagu Mengertilah Kasih karya mendiang Indra Safera dan Andi Rianto. Terlebih lagi, lagu ini sangat menginspirasi bagi dirinya.

"Lagu Mengertilah Kasih menginspirasi aku dari kecil. Semoga aku bisa menginspirasi generasi yang baru. Di satu sisi, aku bersyukur bisa bekerjasama dengan salah satu maestro terbaik Indonesia seperti Andi Rianto," pungkas Afgan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending