Rilis Album 'Manusia', Tulus Sajikan Warna Baru dan Bahasa yang Elegan

Sabtu, 05 Maret 2022 11:00  | 

Tulus



Tulus rilis album 'Manusia' (cr: istimewa)

Kapanlagi.com - Sebagai bentuk perayaan 10 tahun berkarya di industri musik Indonesia, Tulus baru saja mengeluarkan album terbarunya yang bertajuk Manusia. Album ke-5 ini dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun ke belakang.

Tulus pun mengungkapkan alasannya memberi judul album Manusia karena album ini merupakan representasi dari lagu-lagu di dalamnya yang menceritakan ragam dinamika rasa manusia.

"Di dalam album Manusia ini menceritakan banyak sekali ragam rasa dinamisnya yang kita rasakan sebagai manusia sehingga lagu-lagu yang ditulis di dalamnya juga banyak berdasar dari cerita yang saya alami, cerita yang saya lihat, interaksi saya dengan orang lain, interaksi saya dengan diri saya sendiri. Semua itu dirangkum menjadi sebuah album Manusia," ujar Tulus saat jumpa pers virtual, Jumat (4/3).

1. Mengalami Banyak Perkembangan

Dibandingkan dengan album-album sebelumnya, Tulus mengatakan album Manusia mengalami banyak perkembangan. Mulai dari penulisan lirik, aransemen musik hingga musisi yang terlibat.

"Selain sudut pandang penulisannya yang berkembang, aransemen di album ini juga berkembang. Warna di album ini juga baru dan itulah yang saya dan seluruh talenta coba tawarkan," kata Tulus.

2. Bahasa yang Elegan

Lewat album ini, Tulus juga menghadirkan lirik yang semakin matang sekaligus mengedepankan keeleganan Bahasa Indonesia. Ada 10 lagu di album ini dengan single jagoannya yakni berjudul Tujuh Belas.

"Memang eksplorasi saya dalam penulisan lagu itu sangat menyenangkan sih. Di (album) Manusia ini yang dikedepankan adalah eksplorasi penggunaan bahasa Indonesia dengan segala bentuk keeleganannya," ungkapnya.

3. Alasan Memberikan Warna Biru

Tak hanya itu yang berbeda dari album ini karena Tulus memberi sentuhan warna biru untuk cover albumnya. Seperti diketahui keempat album sebelumnya, Tulus selalu menggunakan warna hitam, putih dan abu-abu.

"Karena album ini menawarkan warna baru dari segi penulisan lirik dan juga aransemennya. Ketika sedang berdiskusi warna apa yang mempresentasikan ini kita memilih warna yang sebetulnya masih bersinggungan dengan perjalanan kita sebelumnya sehingga terasa seperti progres tapi terasa segar sehingga terlahirlah warna biru," jelas Tulus.

4. Baru Namun Tidak Asing

Meski memiliki warna baru, intepretasi baru dan jenis musik yang berkembang, album ini tidak mengubah karakter Tulus.

"Saat merilis album baru, saya selalu berusaha menghadirkan sesuatu yang baru, tapi tidak terdengar asing. Jadi, teman-teman yang mendengarkan akan mendapatkan sesuatu yang baru, namun tetap tidak terasa asing di telinga mereka saat didengarkan," pungkas Tulus.

Simak Juga Berita Lain yang Nggak Kalah Hot!!!

Nggak Kaleng-Kaleng, Ini Sederet Fakta UN1TY Boyband Asal Indonesia yang Single Terbarunya Dibuat Oleh Pencipta Lagu EXO - Justin Bieber

Sederet Selebriti Yang Juga Aktivis Lingkungan, Simak Kisah Inspiratifnya!

Jatuh Sakit dan Perlu Istirahat, Konser Drive In Tulus di Stadion Akuatik GBK Diundur

Tulus Siap Meriahkan Event Z-Project di Stadion Akuatik GBK

Patuhi Peraturan, Penampilan Tulus Diundur Jadi Akhir Oktober

(kpl/rhm/rsp)