Rich Chigga: Ledakan 'Dat Stick' dan Pujian Musisi Internasional

Girindra Permana Cahya  |  Jumat, 30 Desember 2016 11:22
Rich Chigga: Ledakan 'Dat Stick' dan Pujian Musisi Internasional
Rich Chigga ©

Kapanlagi.com - Tahun 2016 bisa dibilang menjadi kebangkitan dari musik Hip Hop Indonesia, terbukti dengan beberapa nama baru yang muncul yang berlanjut menjadi perbincangan hangat di kalangan penikmat musik lokal. Menariknya, salah satu dari newcomer yang bernama Rich Chigga berhasil menjadi perbincangan dunia setelah video klipnya yang berjudul Dat Stick meledak di YouTube.

Tak bisa dipungkiri kalau cowok bernama asli Brian Imanuel ini bisa disebut sebagai salah satu figur yang bersinar di tahun 2016. Apa yang dihadirkan Rich Chigga dalam Dat Stick terbilang sangat segar dan berhasil membuat beberapa tokoh dalam dunia musik Hip Hop Barat angkat topi.

Penampilannya berbeda dengan rapper kebanyakan, karena apperance-nya memiliki sisi komedi. Coba saja lihat wajah Brian dengan polo shirt berwarna pink, celana pendek, sepatu putih dan sebuah waist bag Reebok yang melingkar di pinggangnya.

Beat yang asik, pemilihan kata dalam lirik lagu dan english pronunciation adalah hal yang patut digaris bawahi dari turunnya Rich Chigga ke dunia rap. Dengan cerdas, cowok yang kenal musik rap dan bahasa Inggris dari internet ini memasukkan kata-kata yang so Hip Hop ke dalam musiknya. Rapper yang ngefans sama Orlando Brown ini bisa dibilang mengingatkan pada sosok Lil Dicky, rapper yang juga punya unsur komedi dalam karya-karyanya.

Eksistensi bermusik Rich Chigga yang awalnya berjalan underground pun menyeruak bagai buih pasang air laut setelah meledaknya Dat Stick. Banyak 'pintu-pintu' baru yang terbuka sebagai lanjutan perjalanannya karena itu.

Februari 2016, usia Brian masih 16 tahun saat Dat Stick di-share dalam akun YouTubenya. Pada bulan Juli, muncul video reaction dari para artis Hip Hop Barat, seperti Tory Lanez, Cam'ron hingga Ghostface Killah yang merupakan bagian dari grup musik Hip Hop legendaris, Wu Tang Clan.

Terhitung baru, Rich Chigga berhasil menjadi sorotan dunia lewat 'Dat Stick' yang dikeluarkannya pada bulan Februari 2016 kemarin image: instagram.com/brianimanuel. edited by: KapanLagi.com Terhitung baru, Rich Chigga berhasil menjadi sorotan dunia lewat 'Dat Stick' yang dikeluarkannya pada bulan Februari 2016 kemarin image: instagram.com/brianimanuel. edited by: KapanLagi.com

Dari sana, Rich Chigga mendapatkan pernyataan yang tentu saja menggembirakannya. Ghostface Killah yang secara terang-terangan memberikan pujian padanya dan tak ragu untuk terlibat dalam sebuah proyek. 88Rising mengolah hal tersebut dan jadilah sebuah video klip yang sangat dinanti-nanti oleh publik. Berjudul Dat Stick remix, Brian Imanuel terlibat dalam satu proyek dengan musisi sekaliber GFK (Ghostface Killah) dan rapper asal Miami, Amerika Serikat, Pouya.

Tak berhenti di sana, cowok yang baru saja beranjak 17 tahun pada bulan September 2016 ini juga mengeluarkan single berjudul Who That Be sebelum video Dat Stick remix di-publish. Video klip Who That Be pun akhirnya keluar pada akhir bulan November kemarin. Berbeda dengan dua video Dat Stick sebelumnya yang terkesan sangat fun, klip kali ini bernuansa sedikit serius yang dibungkus dengan sinematografi menarik.

Seventeen, menjadi single paling baru yang diluncurkan oleh Rich Chigga. Terbilang produktif dalam berkarya, ia mengatkaan bahwa memang akan ada sebuah full-lenght album yang bakal ia keluarkan. "Pastinya, aku ingin cepat-cepat mengeluarkan rilisanku. Aku tak bisa bicara banyak soal ini, tapi yang jelas aku sudah bekerja banyak," ujar cowok yang melakukan homeschooling ini pada hotnewhiphop.com.

Sosok Lain Yang Bersinar di Tahun 2016

Dua Sisi Young Lex: Prestasi Namun Juga Penuh Kontroversi

Beautiful & Smart, 2016 Jadi Tahun Pembuktian Chelsea Islan

Dokter - Idol, Ini Deretan Tren Yang Digunakan Drama Korea 2016

YouTube Rewind - 10 Video Terpopuler Indonesia Tahun 2016

Joe Taslim & Iko Uwais, Duet 'Superhero' Kebanggaan Indonesia