Dua Sisi Young Lex: Prestasi Namun Juga Penuh Kontroversi

Risang Sudrajad  |  Rabu, 28 Desember 2016 08:22
Dua Sisi Young Lex: Prestasi Namun Juga Penuh Kontroversi
Young Lex © KapanLagi.com®/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Banyak musisi pendatang baru yang belakangan ini ramai diperbincangkan publik. Harus diakui, Young Lex adalah salah satunya. Selain karya-karya musiknya, rapper dengan nama asli Samuel Alexander ini juga penuh dengan kontroversi. Yuk kita bahas satu-satu!

Perhatian publik mendadak tertuju pada dua sosok yakni Young Lex dan Awkarin saat keduanya merilis sebuah lagu berjudul BAD. Tak terhitung lagi berapa banyak komentar miring dari netizen setelah lagu serta klip ini dirilis pada tanggal 18 September lalu.

Selain karya-karya musiknya, rapper dengan nama asli Samuel Alexander ini juga penuh dengan kontroversi © KapanLagicom®Selain karya-karya musiknya, rapper dengan nama asli Samuel Alexander ini juga penuh dengan kontroversi © KapanLagicom®


Lagu ini secara garis besar menggambarkan bagaimana perlawanan Young Lex dan Awkarin terhadap para haters.'Jangan menilai sesuatu atau seseorang dari cover-nya saja', lirik inilah yang menjadi gambaran bagaimana dia menyindir para haters yang kerap kali menyindir tanpa melihat lebih dalam sosok sebenarnya dari Young Lex.

"Dari awal gue udah prediksi tapi nggak sampe sebanyak itu juga (viewers BAD). Di luar ekspektasi banyaknya. Dan dari awal gue udah tahu pasti dislike-nya bakal banyak karena tipikal orang Indonesia kalo nggak suka dari person-nya," ujar Young Lex beberapa waktu lalu.

Young Lex, antara sensasi dan kontroversi © KapanLagi.com®Young Lex, antara sensasi dan kontroversi © KapanLagi.com®



Harus diakui pula kalau video klip BAD memang sangat sukses dalam jumlah viewers. Terlepas dari dislike-nya yang mencapai 300 ribuan lebih, klip ini sampai sekarang sudah ditonton 16 juta kali. Sebuah prestasi yang luar biasa tentunya dari seorang musisi pendatang baru.

Booming-nya klip BAD ini tak membuat Young Lex menepuk dada terlalu cepat. Sebagai next step, rapper penuh tato ini pun menggandeng seorang musisi muda penuh talenta untuk berkolaborasi. Alhasil, terciptalah lagu Slow yang dinyanyikannya bersama Gamaliel GAC. Jutaan viewers pun didapatkannya dari video klip Slow ini.

Entah terkejut dengan kerasnya dunia hiburan atau apapun itu, Young Lex kembali membuat banyak orang berang gara-gara pernyataannya. Ceritanya, perkataan Young Lex di salah satu media online dianggap telah melecehkan Iwa K. Saat itu, Young Lex mengatakan kalau Iwa K dianggap legend karena terkenal duluan, tetapi bukan rapper yang skill atau kemampuannya.

Cap sebagai public enemy pun langsung tersemat dalam dirinya. Tak jarang pula banyak yang menyebut Young Lex dengan sebutan arogan. Wajar memang, pasalnya ia masih bisa dibilang merupakan nama baru di dunia musik rap.

Young Lex dicap sebagai pendatang baru yang arogan © KapanLagi.com®Young Lex dicap sebagai pendatang baru yang arogan © KapanLagi.com®



Di sisi lain, Iwa K sendiri justru tak mau mengomentari hal tersebut. Ia merasa kalau apa yang dikatakan Young Lex tersebut sama sekali tak ada manfaatnya buat orang lain. "Gue nggak mau komentar. Kalau gue komentar harus ada manfaatnya buat orang, itu saja. Kalau nggak ada manfaatnya buat apa," katanya.

Di sisi lain, sikap Young Lex ini ternyata juga memancing amarah dari rapper yang lain yakni 8 Ball. Berbeda dengan Iwa K yang cenderung diam. 8 Ball membalas Young Lex lewat lagu diss berjudul Reject Respect. Lirik lagu ini pun secara terang-terang menyindir sikap Young Lex yang bisa dibilang arogan.

Pro dan kontra pun datang dari publik. Banyak yang menghujat sikap arogan Young Lex. Namun tak jarang pula dukungan muncul dari kalangan Lex Sugar, sebutan fans Young Lex. Dan tak bisa dipungkiri pula kalau popularitas Young Lex sempat naik gara-gara kontroversi ini.

Akankah Young Lex tetap bersinar di tahun 2017? © KapanLagi.com®/Budy SantosoAkankah Young Lex tetap bersinar di tahun 2017? © KapanLagi.com®/Budy Santoso



Hingga akhirnya, Young Lex sedikit melunakkan sikapnya dengan meminta maaf secara terbuka kepada Iwa K melalui sebuah video yang diunggah di media sosial miliknya. Tak hanya pada pelantun tembang Bebas itu saja, Lex juga meminta maaf jika ucapannya mengganggu pihak-pihak lain dalam masalah ini.

"Video ini gue buat adalah video klarifikasi resmi atas statement gue di media online kemarin, atas pernyataan gue kemarin. Gue mau minta maaf sama Kang Iwa K, I do this because I respect you, kang Iwa. Juga buat semua yang merasa tersinggung atas statement gue atas kesombongan gue di media online kemarin gue minta maaf sekali lagi," ucap Lex dalam video tersebut.

Terlepas dari segala prestasi dan kontroversi yang dibuatnya selama ini, harus diakui kalau Young Lex adalah salah satu musisi pendatang baru yang bersinar terang saat ini. Pergantian tahun pun segera tiba, bukan hal yang mustahil kalau Lex bakalan semakin menancapkan kukunya di industri musik Indonesia. Tak menutup kemungkinan pula kalau Lex masih tetap menjadi perhatian utama karena kontroversi dan sensasi yang dibuatnya.

Bagaimana komentar KLovers sendiri tentang sosok Young Lex ini? Apakah menurut kalian dia bakalan semakin terbang jauh di tahun depan? Ataukah Young Lex bakalan tenggelam karena kontroversinya sendiri?

Simak Juga:

Ini Pendapat Bimo Picky Picks Soal Awkarin, Arap dan Young Lex

Banyak Seleb Ngevlog di Youtube, Young Lex Tak Masalah

Makin Tenar, Young Lex Bakal Gabung ke Label Rekaman Besar?

Akui Dirinya Arogan, Young Lex Minta Maaf Pada Iwa K

Komentar Gamaliel GAC Tentang Sosok Young Lex, Seperti Apa?