Rekomendasi Lagu Sedih Jepang yang Maknanya Bisa Banjir Air Mata, Bertema Kehidupan - Cinta yang Tragis

Selasa, 12 April 2022 20:11


(credit: YouTube)

Kapanlagi.com - Lagu memang menjadi sebuah hiburan yang indah untuk didengarkan. Bahkan, lagu juga bisa menjadi sebuah bentuk perasaan yang kita rasakan saat ini. Bagi kalian yang sedang merasa sedih, ada loh beberapa rekomendasi lagu sedih Jepang yang memiliki makna luar biasa, bahkan bisa bikin kalian banjir air mata.

Ada rekomendasi lagu sedih Jepang yang membahas tentang sebuah kehidupan hingga bisa bikin kalian move on, ada pula lagu yang membahas tentang sebuah perpisahan. Namun, tidak baik terus menerus merasa sedih ya KLovers ataupun terlalu mendalami lagu yang hanya membuat kalian terpuruk saja.

Namun, sesekali mengeluarkan air mata agar merasa lega juga tidak jadi masalah. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi lagu sedih Jepang dengan makna yang dalam dan bisa bikin kalian banjir air mata. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Lemon (Kenshi Yonezu)

Rekomendasi lagu sedih jepang yang pertama yaitu, ada lagu berjudul Lemon yang dinyanyikan oleh Kenshi Yonezu. Ya, lagu ini merupakan lagu dibuat atas rasa sedih dari kematian kakek Kenshi Yonezu. Bagaimana rasa kehilangan seseorang yang begitu berarti.

Lagu ini cocok banget untuk kalian yang merasa sedih karena ditinggal seseorang yang kalian cintai dan begitu berharga. Lagu dengan lirik sedih yang dalam ini bisa jadi pilihan sebagai salah satu rekomendasi lagu sedih Jepang.

"Aku mencintai segalanya jika bersama denganmu. Aroma lemon yang pahit pun masih melekat di hatiku. Aku takkan pulang sebelum hujan berhenti. Bagiku hingga sekarang kau adalah cahayaku" - Lemon

 

2. Yura Yura (Soraru)

Kemudian rekomendasi lagu sedih jepang yang selanjutnya ada lagu berjudul Yura Yura yang dinyanyikan oleh Soraru. Lagu ini bercerita tentang penyesalan seorang gadis yang membuat seorang anak laki-laki yang disukainya berhenti tersenyum.

Lirik lagu ini begitu dalam dan menyedihkan. Lagu Yura Yura ini menjelaskan bagaimana dunia dalam keadaan yang kejam terus menerus, ada yang bahagia, namun selanjutnya ada lagi yang kembali menangis dan melakukan hal-hal yang menyedihkan.

Hingga akhirnya ia merasa muak dengan keadaan yang sama. Bahkan, diceritakan bahwa orang tersebut lupa bagaimana bahagia untuk diri sendiri. Lagu Yura Yura ini akan menjadi ungkapan perasaan kalian yang mungkin sedang muak dengan keadaan.

"Pagi, dan malam, hari ini dan esok hari. Ulangi berulang kali sampai aku muak dengan semuanya. Dan karena itu, saya lari dari segalanya. Sungguh menakjubkan bagaimana saya masih bisa tersenyum melalui semua ini semua. Bahkan, saya sendiri sudah lama lupa bagaimana mencintai diri sendiri." - Yura Yura

 

3. Inochi ni Kirawarete Iru (Kanzaki Iori feat. Hatsune Miku)

Inochi ni Kirawarete Iru juga masuk ke dalam rekomendasi lagu sedih jepang yang bisa kalian dengarkan. Lagu yang dinyanyikan oleh Kanzaki Iori feat. Hatsune Miku ini menceritakan perasaan yang bertanya-tanya tentang kehidupan. Bahkan menjadi lagu dengan makna yang sedikit mengerikan.

Ya, lagi berjudul Inochi ni Kirawarete Iru ini menceritakan tentang sebuah kematian. Bahkan, lirik lagu ini secara general seperti mengungkapkan sebuah kesulitan dalam hidup dan juga kesepian yang mendalam. Bagaimana dunia terlihat begitu kejam dan juga tidak menyenangkan.

Namun, dalam lagu ini ada pelajaran bahwa, seharusnya kita tidak mudah menilai sesuatu tanpa mengetahuinya lebih. seperti sebuah lirik yang mengungkapkan bahwa kita tidak memahami arti kebahagiaan tapi bisa membenci hidup, kita tidak tahu arti perpisahan tetapi suka dengan ucapan selamat tinggal.

Hal ini menjadi sebuah sindiran bahwa, kalau kita melihat atau memandang lebih dalam atau dengan cara yang lain, mungkin hidup tidak akan seperti itu. Di akhir lagu, kita akan disuruh untuk berjuang dan tetap terus bertahan dalam kehidupan. Tanpa harus memikirkan hal lain, karena mungkin saja besok semuanya akan menjadi sia-sia.

"Mungkin besok kita akan mati, mungkin semuanya akan menjadi sia- sia. Pagi, malam, musim semi, musim gugur, tanpa berubah urutannya seseorang mati entah dimana. Aku tak butuh mimpi dan hari esok, jika kau masih hidup, itu sudah cukup bagiku." - Inochi ni Kirawarete Iru

 

4. Dakara Boku wa Ongaku o Yameta (Yorushika)

Dakara Boku wa Ongaku o Yameta menjadi rekomendasi lagu sedih jepang yang membahas tentang musik. Ya, lagu ini bercerita tentang alasan seseorang yang berhenti bermusik. Ya, secara garis besar lagu ini menjelaskan tentang seseorang yang tidak memahami sebuah hal tentang manusia, cinta dan dunia, rasa sakit serta kehidupan.

Ia juga tidak memahami bagaimana hal-hal itu bisa dibuat menjadi sebuah musik. Musik tersebut merupakan sebuah piano. Suatu waktu ia ingin berhenti namun tidak bisa. Dan lagu Dakara Boku wa Ongaku o Yameta ini menjadi salah satu rekomendasi lagu sedih jepang yang memiliki arti atau makna yang cukup rumit untuk dipahami.

 

5. Himawari no Yakusoku (Motohira Hata)

Kalian pasti tahu dengan lagu Himawari no Yakusoku yang dinyanyikan oleh Motohira Hata. Ya, lagu yang menjadi soundtrack film STAND BY ME DORAEMON ini memang menjadi salah satu lagu yang sedih loh KLovers. Lagu ini relate banget dengan kisah Nobita dan Doraemon yang harus berpisah di film STAND BY ME tersebut.

Lagu ini menjelaskan bagaimana perpisahan membuat mereka merasa sedih dan tersiksa. Selain itu, ada harapan yang cukup mendalam untuk bisa mendapatkan kesempatan untuk bersama. Dalam lagu ini bercampur dengan harapan terbaik untuk orang tersayang tersebut. Bukan hanya memiliki lirik yang indah, lagu ini juga enak banget untuk didengarkan.

"Jangan pernah lupakan saat-saat kita bersama. Kau yang tersenyum saat kita bersalaman sebelum kita berpisah. Kau yang lembut seperti bunga matahari dengan segala kehangatannya. Jika kau ingin aku kembali, bisakah kau bilang bahwa kau percaya padaku?" - Himawari no Yakusoku

 

6. Lost One's Weeping (Neru feat. Kagamine Rin)

Dan rekomendasi lagu sedih jepang yang terakhir yaitu, ada lagu berjudul Lost One's Weeping yang dinyanyikan oleh Neru feat. Kagamine Rin. Lagu ini memang memiliki latar belakang anak-anak yang berada di Sekolah Dasar, namun makna lagu ini tetap relatable bagi orang dewasa. Lagu ini menceritakan permasalahan seorang murid di kelasnya.

Dalam cerita murid ini menyukai matematika dan semacamnya, namun lemah dalam bahasa. Namun, sistem pendidikan di sana sungguh keras dan terlalu sulit bagi anak sekolah. Hingga diperlihatkan dalam lagu tersebut sang tokoh (sepertinya) memiliki sebuah pemikiran sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja jika dirinya yang asli memilih untuk mati.

"Kapan kau akan tumbuh dewasa? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan 'tumbuh dewasa' itu? Kepada siapa seharusnya aku bertanya? Hey, apa yang seharusnya aku lakukan? Itu sudah tidak penting lagi!" - Lost One's Weeping

Itulah beberapa rekomendasi lagu sedih jepang yang bisa menjadi sebuah lagu yang dapat kalian dengarkan saat sedang sedih. Ada lagu tentang kehidupan, perpisahan, hingga cinta dengan lirik yang menyentuh.

Yuk, simak juga

5 Rekomendasi Lagu Jepang Populer Semasa Pandemi, Ada Yang Sampai Dapat 244 Juta Views!

 

(kpl/gen/dhm)