Recycle Lagu Rio Febrian, Rafael Smash Dipuji

Erick  |  Kamis, 30 April 2015 18:22
Recycle Lagu Rio Febrian, Rafael Smash Dipuji
Rafael Tan © KapanLagi.com/Budy Santoso
Kapanlagi.com - Rafael Smash baru saja merilis single solonya yang merupakan recycle lagu milik Rio Febrian berjudul Tiada Kata Berpisah. Jika sebelumnya dengan boyband Smash, Rafael lebih banyak menyanyikan lagu upbeat, di lagu ini Rafael merasa tertantang karena lagunya sangat slow dan perlu penghayatan yang penuh.

"Aku sih kalau lagi take vokal memang harus dipelajari dulu liriknya seperti apa. Aku menempatkan diri aku dalam lagu itu sebenarnya," ujarnya.

"Jadi pernah mengalami atau belum, mau nggak mau harus seolah-olah mengalami (kejadian) dari lagu itu. Agak susah sih pastinya dan terbebaninya ya itu karena lagu recycle dan harus ada sesuatu yang baru dari aransemen musik sebelumnya," ceritanya saat ditemui di kantor Kapanlagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan pada (27/4).

Pria yang suka disapa Coco itu pun tidak menyangka ternyata single miliknya mendapatkan respon positif dari sang penyanyi aslinya, yakni Rio Febrian. Pelantun Jenuh itu menilai Rafael sangat cocok menyanyikan lagu ini, selain aransemen yang berbeda, Rafael juga membawakan lagu tersebut dengan gayanya sendiri.

Rafael Smash © KapanLagi.com/Budy SantosoRafael Smash © KapanLagi.com/Budy Santoso

"Jadi nggak sengaja ada Smashblast yang mention ke twitter. 'Co ini liat Rio Febrian mengomentari single terbaru kamu'. Terus aku liat, komentarnya dia 'Aku suka dengan versinya Rafael, selain dibawakan akustik, nyanyinya nggak ngotot untuk terlihat lebih bagus dari saya'," kata host Inbox itu.

"Kadang-kadang ada penyanyi yang menyanyikan lagu recycle harus bagus nih dari penyanyi sebelumnya. Tapi, mindset di pikiranku nggak ke situ sih. Gimana caranya aku nyanyi lagu ini sesuai karakter aku dan dengan gaya aku seperti apa. 'Ah gue harus ngalahin Rio Febrian. Tapi, tanggapannya positif dari Rio jadi satu achievement buat aku sih, wah akhirnya berhasil," tambah Rafael.

Meski sibuk dengan single solonya, bukan berarti Rafael melupakan boyband-nya Smash. Ia bersama Smash tetap punya komitmen untuk terus bersama meskipun kini mereka tengah punya project-nya masing-masing.

"Ya label aku solo sama Smash berbeda, tapi dari management Smash sendiri boleh mengambil dari tawaran label lain. Aku juga udah ijin sebelumnya," pungkasnya.

Yuk baca juga berita berikut:

Tak Bawa Nama Smash, Rafael Tan Diprotes Smashblast

Dikabarkan Bubar, Ini Jawaban Smash

Passion di Musik, Smash Masih Jadi Prioritas Untuk Rafael Tan

Rafael: Kita Dibebaskan Untuk Punya Kerjaan di Luar Smash

Rafael Smash: Aku Nggak Berusaha Lebih Baik Dari Rio Febrian