Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Bisma Rocket Rockers Bersih-Bersih Kota Bandung dari Sampah Plastik

Selasa, 18 Agustus 2020 20:03  | 

Bisma Karisma



Bisma, Rocket Rockers © KapanLagi.com/Matias Purwanto

Kapanlagi.com - Selain bersama band Rocket Rockers, Bisma, juga disibukkan dengan bisnis clothing miliknya. Berpusat di Bandung, bisnis clothing yang diberi nama GVFI dan Karibatur, juga memiliki berbagai macam kegiatan atau campaign.

Sejak awal tahun 2020, Bisma dibantu rekan-rekannya dan juga sejumlah relawan melakukan bersih-bersih pantai (Coastal Clean-up). Pesisir pantai Santolo, Garut, Jawa Barat, menjadi target pertama Bisma untuk melakukan campaign bersih-bersih pantai.

 

 

1. Campaign Harus Terhenti

Sayang, pandemi covid-19 membuat campaign tersebut harus terhenti. Namun, di sejak awal bulan Agustus lalu, Bisma kembali mencanangkan bersih-bersih kota (City Clean-up). Tepat pada 17 Agustus kemarin, sambil merayakan kemerdekaan Indonesia, Bisma melakukan bersih-bersih kota yang dijalankan di seputaran Taman Cibeunying sampai Taman Lansia, Bandung.

"Campaign City Clean-up ini baru pertama kali kami jalankan. Sebelumnya di awal tahun kamu sudah jalankan campaign Coastal Clean-up (bersih-bersih pantai). Tapi karena adanya pandemi dari bulan Maret, jadi campaign Clean-up ini sempat berhenti. Baru mulai jalan lagi di bulan Agustus ini," ungkap Bisma dalam sambungan telepon.

2. Miliki Dua Campaign Yang Sama

Memiliki dua campaign yang sama baiknya, selanjutnya keduanya akan dilakukan bergantian tiap bulannya. Jika bulan ini City Clean-up digelar, maka di bulan September Coastal Clean-up yang akan digelar. Terkait hal ini, Bisma pun menjelaskan alasannya.

"Kenapa dibuat selang seling? Karena itu konsep yang diusung oleh dua brand yang sedang saya kembangkan saat ini. Ada GVFI, brand yang bertemakan Beachwear. Dan Karibatur, brand yang bertemakan Daily Urban Muslimwear. Target selanjutnya masih sekitaran pantai dan kota di Jawa Barat. Tidak menutup kemungkinan selanjutnya campaign Clean-up ini terus berkembang ke daerah lain," terang Bisma.

3. Berharap Adanya Anak Muda

Meski telah memiliki sejumlah relawan, bassist Rocket Rockers itu masih berharap adanya anak-anak muda yang ikut terlibat. Lewat campaign yang dilakukannya, Bisma memiliki pesan mendalam untuk masyarakat. Di mana kita harus menjaga kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik yang sulit diurai.

"Kami hanya berpesan dalam menangani masalah sampah plastik ini, kita hanya perlu memulai dari lingkungan terkecil kita, seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Karena sampah plastik akan sangat sulit dan perlu waktu lama diurai oleh alam. Dan perlu diingat bahwa ada sekitar 90% sampah plastik di lautan yang datang dari sampah perkotaan, dalam kata lain ini adalah tanggung jawab kita semua dalam memerangi masalah sampah plastik," tuntasnya.

Baca Yang Ini Juga Ya!

Bisma Karisma Melahirkan Single Yang Suri dalam Perjalanan EP Pertamanya

Tak Hanya Penggemar, Para Pesonel SMASH Juga Ingin Morgan Oey dan Rangga Moela Bisa Bergabung Kembali

Nyanyi Lagi Bareng SMASH di Perayaan Satu Dekade, Hal Ini yang Dirindukan Morgan Oey

Pucuk Cool Jam 2020 Libatkan Armand Maulana Hingga Bisma Karisma

Bisma Karisma dan Olivia Jensen Isi Suara Film Animasi Balpil dan Bhinnekaz

(kpl/pur/nda)