Random Punk Rock dari Bekasi Rilis Album Ketiga 'Melawan Batas' di Hari Kemerdekaan

Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

Random Punk Rock dari Bekasi Rilis Album Ketiga 'Melawan Batas' di Hari Kemerdekaan
Random Punk Rock (Credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Pada momen istimewa Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, band Punk Rock asal Bekasi, Random, mempersembahkan karya terbaru mereka berupa album ketiga yang diberi judul Melawan Batas. Album ini dirilis di bawah naungan Newhope Record, menepati janji mereka setelah hampir setahun yang lalu merilis single berjudul “Semangat Merdeka”

Band yang kini beranggotakan Arez (vokal/gitar), Ichank Roxx (gitar), Epoy (bass), dan Ajik Goya (drum) ini mengusung perubahan musikal yang cukup signifikan dibandingkan dengan karya-karya mereka sebelumnya. Dalam album ini, Random mencoba menggabungkan berbagai unsur musik seperti Ska, Reggae, hingga sentuhan Metal di beberapa lagu.

"Ada ska, ada metal, itu untuk membedakan bangkitnya Randmo yang sekarang dan dulu. Kita masukan unsur musik yang lainnya. Kita kembali dengan kondisi berbeda, pola pikir berbeda, dan kita jadikan jadi satu," ujar Arez dalam hearing seassion album Melawan Batas di Maca Coffe, Bekasi, Sabtu (17/8/2024).

1. Perjalanan Band

Judul album Melawan Batas diambil dari salah satu lagu yang terdapat di dalam album tersebut. Lagu ini berkisah tentang perjalanan band yang sempat vakum selama beberapa tahun karena kesibukan masing-masing personel.

Meskipun tidak mudah untuk mengulang waktu yang telah terlewat, kebersamaan yang kembali terjalin di antara mereka menjadi kekuatan untuk terus berkarya di dunia musik. Pesan tentang semangat pantang menyerah dan kebersamaan inilah yang dituangkan dalam lagu Melawan Batas.

"Kita terakhir ngeband 2006, karena kesibukan masing-masing, terus ketemu lagi di 2022 akhir, after covid. Kita ketemu lagi, dari situ kota merasa 'kok kita nemu lagi, kita yang dulu', dan semangatnya tumbuh lagi. Seiring berjalannya waktu kita ngeband lagi, sampe dapet materi lagu judulnya "Semangat Meredeka" dirilis tahun lalu," ujar Arez.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Lagu Lawas

Selain Semangat Merdeka dan Melawan Batas, album ini juga menghadirkan retake dari lagu lawas mereka dari album kompilasi Punk Klinkk tahun 2000 berjudul “Dengar dan Hentikan”.

"Kenapa ada lagu Dengar dan Hentikan, kepingin ada lagu itu dalam format digital. Itu kan lagu kita bikin tahun 1999, masuk kompilasi Punk Klinik, tahun 2000," ujar Ichank.

Ada juga beberapa lagu baru dengan lirik kritik yang berjudul Jejak Perang yang Terlupakan” dan “Punk Sampai Mati”. Lagu-lagu ini tidak hanya berbicara tentang punk sebagai gaya hidup, tetapi juga sebagai ideologi yang mendalam. Sebagai penutup, Random juga meng-cover lagu dari band punk veteran asal Jakarta, Kinik Jiwa berjudul “Goresan Waktu”.

Proses penggarapan album ini memakan waktu hampir satu tahun sejak perilisan single mereka di Agustus tahun lalu. Beberapa musisi turut ambil bagian dalam proses rekaman ini, seperti Tidong, Nyinyink, dan Izil dari BOTTENSTRONG, Abach dan Ando dari MATIKAU, serta Jepunk dan Marcus dari MEMBARA. Tidak ketinggalan, ada tambahan pemain seperti Ryo dan Aib dari SMOKEGUNS yang mengisi part saxophone dan trompet, serta Ucok Inna yang mengisi part Hammond. Album Melawan Batas kini sudah bisa didengarkan di semua platform musik digital.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending