Ramadan Tiba, Maher Zain Rilis Mini Album 'Nour Ala Nour' Kerjasama dengan Musisi Top Timur Tengah

Selasa, 13 April 2021 16:36  | 

Maher Zain



Maher Zain (Credit: instagram.com/maherzainofficial)

Kapanlagi.com - Penyanyi Maher Zain merilis mini album berjudul Nour Ala Nour (Cahaya di atas Cahaya). Terdapat enam lagu di album tersebut. Lagu Ramadan Gana (Ramadan Telah Datang Pada Kita) dipilih menjadi single pertama. Dalam album Nour Ala Nour, Maher Zain bekerja sama dengan beberapa musisi top di Timur Tengah dan Turki.

Diantaranya, musisi terkenal mesir, Aziz Elshafie untuk lagu Nour Ala Nour. Kemudian penulis syair dan komposer asal Yaman, Ahmed AlYafaie di lagu Qalbi Sajad. Lalu, komposer Mesir, Ahmed Zaeem di lagu Huwa Ahmadun, penulis syair juga komposer Mesir Dr. Dalia Emara di lagu Laytaka Ma’ana serta penulis lagu asal Palestina Anwer Hussam (Ramadan Gana).

1. Sarat Akan Emosi

Sementara lagu Hubb Ennabi (Cinta Nabi) bisa dibilang lagu yang sarat emosional. Pasalnya, lirik lagu ini terakhir yang ditulis oleh almarhum penyair dan penulis lirik Salah Gafal sebelum meninggal secara tragis dalam perjuangannya melawan sakit Hepatitis pada tahun 2012.

"Saya sudah lama memiliki lagu-lagu ini dalam bentuk demo, dan telah menunggu waktu yang tepat untuk membagikannya kepada dunia," kata Maher Zain, Selasa (13/4/2021).

2. Kesempatan Ideal

Salah Gafal merupakan penulis lirik lagu hits Maher Zain, yakni Ya Nabi Salam Alayka, Assalamu Alayka juga Radhitu Billahi Rabba. Lagu dan video klip Hubb Ennabi akan didedikasikan kepadanya. Sementara dilagu ini, seniman dan composer asal Mesir, Mohamed El-Sawy.

"Saya pikir bulan Ramadan adalah kesempatan yang ideal untuk melakukannya, mengingat sifat dari lagu-lagu ini, pesannya, dan suasana hati yang reflektif secara keseluruhan," sambung Maher Zain.

Dalam mengaransenseme EP-nya, Maher Zain juga bekerja sama dengan dengan Emre Mogulkoc (Huwa Ahmadun), arranger asal Gaza, Palestina, Mahmoud Ammar (Ramadan Gana, Nour Ala Nour), arranger asal Yaman Sarhan Eskandar (Qalbi Sajad).

Sementara lagu Hubb Ennabi dan Laytka Ma’ana diaransemen sendiri oleh Maher Zain. Sejumlah musisi lain yang terlibat diantara Erik Arvinder (Swedia), Ronny Lahti (Mixing) dan Bjorn Engelman (Mastering). Sementara proses rekaman dilakukan di beberapa kota, Stockholm, Istanbul, Kairo, Damskus, Amman dan Gaza.

3. Perjalanan Spiritual Selama 10 Tahun

"Dalam EP ini, Anda akan mendengarkan berbagai lagu yang mengangkat spiritual, di mana saya ingin untuk membawa pendengar bersama saya melalui perjalanan yang saya sendiri telah memulai lebih dari 10 tahun yang lalu menuju aktualisasi diri yang lebih dalam dan kedamaian batin," katanya.

Enam lagu dari album inin akan dirilis juga dan format video musik di YouTube dan saluran TV di seluruh dunia. Maher Zain berkolaborasi dengan sutradara berbakat asal Tunisia, Idris Kheder untuk menghadirkan enam video musik yang difilmkan di Kairo, Tunis dan Beirut.

"Waktu yang lebih baik dari Ramadan waktu refleksi spiritual, peningkatan diri dan pengabdian untuk melakukan perjalanan batin ini," tutup Maher Zain.

Pandemi Covid-19 terbukti tak jadi penghalang bagi aher Zain untuk terus produktif. Semoga KLovers juga begitu ya! Di samping itu, pastikan untuk selalu #IngatPesanIbu. Pakai masker, rajin cuci tangan, batasi mobilitas, jauhi kerumunan dan jaga jarak. Semoga KLovers sehat-sehat selalu ya!

(kpl/far/tdr)