Rahasia Nulis Lagu ala Endah n Rhesa

Trian Sulaiman  |  Jumat, 15 Agustus 2014 13:50
Rahasia Nulis Lagu ala Endah n Rhesa
Endah n Rhesa ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Endah n Rhesa terkenal memiliki karya-karya yang disukai orang banyak, khususnya para anak muda masa kini. Untuk menciptakan lagu yang keren seperti itu, Endah n Rhesa tak keberatan membagikan rahasianya kepada kita semua.

Album trilogi Endah n Rhesa memiliki konsep yang segar jika diperhatikan. Mulai dari  NOWHERE TO GO (2009), LOOK WHAT WE'VE FOUND (2010) dan ESCAPE (2013), tiga album itu mengusung tema berbeda namun bisa jadi karya yang utuh.

"Kita tergantung konsep, biasanya cerita dulu dari awal sampe akhir. Terus kita bikin setting ceritanya di mana, misalkan tentang air. Terus kita bikin musiknya, misalkan temanya di pantai baru kita bikin musik seperti itu, kalo tentang gunung ya (nuansanya) gunung," kata Rhesa ditemui di Djakarta Theater, baru-baru ini.

Andalkan konsep dan tema ©KapanLagi.comAndalkan konsep dan tema ©KapanLagi.com

Lebih lanjut, kadang musisi sering bermasalah dengan mencari inspirasi dan mood menulis lagu. Bagi Endah n Rhesa, hal tersebut bukanlah satu halangan dalam berkarya.

"Excitement itu bisa dicari tapi yang bagus excitement yang mendukung karyanya," tambah Endah.

Endah n Rhesa baru saja melebarkan sayapnya ke industri musik internasional. Setelah merilis album Anthology di Jepang dan Korea Selatan, kira-kira apa lagi yang bakal dilakukan duo ini?

"Sementara ini kita lagi dalamin pencarian untuk bikin album keempat. Album pertama (bernuansa) folk american, kedua african, ketiga space nah kalo yang sekarang belum tau," ucap Rhesa yang merupakan suami dari Endah.

(kpl/hen/trn)


Lihat Arsip Musik

- - -