Pink Floyd - Radiohead Bersatu Tolak Peraturan Royalti

Renata Angelica  |  Kamis, 12 Juli 2012 21:31
Pink Floyd - Radiohead Bersatu Tolak Peraturan Royalti
Pink Floyd - Radiohead

Kapanlagi.com - Dua band besar Pink Floyd dan Radiohead berkolaborasi. Bukan untuk lagu atau album baru, tetapi untuk memperjuangkan hak musisi atas sistem royalti di Eropa.

Sebuah peraturan baru telah ditetapkan sehubungan dengan pendistribusian royalti. Dikatakan, perusahaan rekaman diizinkan untuk menyimpan nominal yang mereka dapatkan atas artis yang dinaungi jika artis tersebut tak berkarya lagi dalam jangka 5 tahun setelah lagu itu dirilis.

Bukan hanya Pink Floyd dan Radiohead, tetapi juga Robbie Williams dan Annie Lennox menyuarakan kekecewaan. Menurut mereka, legalisasi itu hanya menunjukkan kemalasan dan keserakahan industri yang dapat menghentikan kreativitas artis, pencipta lagu dan para produser.

Sebanyak 6 ribu orang, bukan hanya para musisi, namun juga pencipta lagu dan produser album, menandatangani petisi melawan Komisi Eropa guna meminta peraturan itu dibatalkan.

"Jika peraturan ini diteruskan, legalisasi ini menjadi salah satu bentuk penggelapan dana yang hanya menguntungkan beberapa komunitas di Eropa. Anda semua telah melanggar janji dan mengizinkan manajemen untuk menghancurkan kreativitas kami. Anda mencuri harapan kami," demikian tulis para artis dalam petisi mereka.

Agar dapat meneruskan perjuangan ke muka hukum, petisi tersebut harus disetujui oleh Parlemen Eropa dan 27 negara yang jadi anggota Uni Eropa. (cmc/rea)


Lihat Arsip Musik

- - -