Peter F. Gontha di Tribute To Bubi Chen

Renata Angelica  |  Senin, 05 Maret 2012 16:43
Peter F. Gontha di Tribute To Bubi Chen
Bubi Chen: @KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Betapa berdukanya dunia musik Indonesia ketika Bubi Chen meninggal dunia (16/02). Para musisi jazz nasional pun merasa perlu menggelar konser tribute bagi legenda kelahiran Surabaya itu. Dicetuskan oleh Indra Lesmana yang pernah bermain bersama Bubi dan sang ayah, Jack Lesmana, di Berlin Jazz Festival tahun 1967. Peter F. Gontha pun menanggapi ide itu.

"Saya diajari banyak hal oleh Om Bubi Chen," ujar Peter F. Gontha ketika ditemui di Java Jazz Festival 2012, "Seperti gimana tehnik supaya terlihat hebat di panggung. Banyak petuah-petuah Om Bubi Chen yang masih saya ingat."

Bubi Chen meninggal dunia di usia 74 tahun setelah lama menderita penyakit diabetes mellitus. Seharusnya, Bubi dijadwalkan tampil di Java Jazz Festival tahun ini. Tetapi seperti yang dikatakan oleh Peter F. Gontha, "Mungkin Om Bubi sudah menemukan jalan yang terbaik. Semoga dia mendapatkan kebahagiaan."

Kiprah Bubi Chen di peta musik jazz Indonesia amatlah kuat. Bersama Jack Lesmana, ayah dari Indra Lesmana, Bubi menelurkan 2 album. Sementara atas namanya sendiri, pria yang mempelajari piano sejak berusia 5 tahun ini memiliki sekitar 35 album, yang terakhir keluar tahun 2007, BUAIAN ASMARA. Di Java Jazz 2005, Bubi Chen dianugerahi penghargaan Jazz Living Legend.  (kpl/ato/rea)


Lihat Arsip Musik

- - -