Pelaku Pemenggal Wartawan AS Ternyata Seorang Rapper

Fajar Adhityo  |  Senin, 25 Agustus 2014 19:21
Pelaku Pemenggal Wartawan AS Ternyata Seorang Rapper
L Jinny aka Jihadi John @SWNS.com

Kapanlagi.com - Berita dipenggalnya wartawan Amerika Serikat oleh militan Syria masih santer diberitakan. Beberapa nama pelaku telah terungkap dan uniknya salah satunya adalah mantan seorang rapper di Inggris.

Pria bernama Abdel-Majed Abdel Bary adalah seorang rapper yang merintis kari di Inggris. Rapper dengan nickname L Jinny ini merupakan seorang rising star, bahkan sempat disinyalir bakal menjadi sebesar Dizzee Rascal. Namun dia memilih meninggalkan kemewahannya di Maida Vale untuk berjuang di Syria.

Dalam foto-foto sebelumnya dia terlihat memakai baju buatan merk olahraga terkenal Amerika dan terlihat tengah mengerap di studionya. Dalam foto yang diambil pada tahun 2012 di akun facebooknya ini terlihat aktivitasnya sebelum memutuskan untuk berjihad. Nampak dia juga tengah berada di barisan depan saat berkonfrontasi dengan polisi.

L Jinny di Meida Vale Rumahnya/@SWNSS.comL Jinny di Meida Vale Rumahnya/@SWNSS.com

Perubahan Besar Terjadi/@SWNS.comPerubahan Besar Terjadi/@SWNS.com

Kini sebuah perubahan besar terjadi dalam hidupnya di mana dia memasang foto dia mengenakan pakaian militer dan masker serta menenteng senapan mesin seperti AK47 dan M16. Dia mulai dengan propaganda membenci dunia barat dan menuliskan seruan kepada umat muslim yang tidak berjihad.

Selama berkarir, L Jinny dekat dengan isu perang dan penindasan yang terjadi di Timur Tengah. Perubahan dirasakan oleh teman-temannya sejak dia aktif berkomunikasi dengan kelompok ekstrimis di sana. Entah merasa mendapatkan sebuah panggilan atau ingin membela tanah leluhurnya, dia memutuskan untuk meninggalkan kehidupan gemerlapnya untuk berjihad.

Kini pemuda yang dikenal sebagai Jihadi John ini menjadi tersangka dengan 4 pemuda lainnya yang membunuh wartawan Amerika Serikat James Fooley secara keji. Entah apa yang membuat dia mengubah haluannya dari seorang pemuda berbakat menjadi teroris yang mengerikan. (dmc/faj)


Lihat Arsip Musik

- - -