'Pasar Bisa Diciptakan', Eksperimen ERK Tanda Kembalinya Mereka

Risang Sudrajad  |  Jumat, 10 Juli 2015 13:35
'Pasar Bisa Diciptakan', Eksperimen ERK Tanda Kembalinya Mereka
Efek Rumah Kaca @foto: Kapanlagi.com®

Kapanlagi.com - Bukan sebuah hal yang mudah untuk menjaga eksistensi selama sepuluh tahun. Pastinya banyak kendala yang dialami dalam proses selama itu. Hal itu juga yang dirasakan oleh band asal Jakarta, Efek Rumah Kaca.

Sempat vakum selama satu setengah tahun karena kepergian Cholil Mahmud sang vokalis ke luar negeri, Efek Rumah Kaca kini siap kembali lagi dengan karya baru mereka. Yap, band dengan lagu Laki Laki Pemalu itu datang membawa sebuah single terbaru berjudul Pasar Bisa Diciptakan.

Single ini akan terasa berbeda dari karya mereka terdahulu. Banyak eksperimen musik yang dilakukan oleh Cholil cs di lagu ini. Salah satunya adalah memperkaya layer-layer gitar dengan lebih membahana, dinamis dan juga berwarna.

Efek Rumah Kaca @foto: Efek Rumah KacaEfek Rumah Kaca @foto: Efek Rumah Kaca

Pasar Bisa Diciptakan sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2008 lalu. Ide diambil dari kegelisahan mereka dalam berkarya di industri musik Indonesia. Single ini juga bisa disebut sebagai sebuah kelanjutan dari lagu Cinta Melulu.

"Seiring dengan waktu, kita sudah tidak sekeras dulu. Masih ada api itu tapi kami ingin lebih kalem. Kita ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Banyak lirik yang akhirnya diganti karena kami merasa sudah tidak sesuai lagi. Yang jelas, pasar dibuat untuk kami sendiri, tidak ada rencana untuk membuat manifesto atau apapun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami," ujar Cholil.

Single Pasar Bisa Diciptakan dirilis bersamaan dengan lagu berjudul Biru. Lagu Biru menceritakan tentang proses penciptaan sebuah karya seni baik itu secara internal maupun eksternal. Biru juga menceritakan pentingnya eksplorasi dari sebuah proses berkarya.

Tepat di hari Jumat, 10 Juli 2015 ini, single Pasar Bisa Diciptakan bakal diputar serentak di 144 radio seluruh Indonesia. Well, seperti apa lagu terbaru yang merupakan tanda kembalinya Efek Rumah Kaca? Jangan sampai ketinggalan update selanjutnya ya KLovers.

Simak Juga:

Alexa Ingin Kolaborasi Dengan Musisi Legendaris Indonesia

5 Lagu Tentang Hujan Buat Para Hati Yang Kering

Peringati Hari Pahlawan, Jangan Sampai Tidak Memutar 6 Lagu Ini

Ini Nih 6 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang ICEMA

'Menjadi Indonesia' Cara ERK Ajak Kamu Peduli Indonesia

(kpl/abl)


Lihat Arsip Musik

- - -