5 Gitaris Sakti Yang Pernah Jajal Gilanya 'Voodoo Child'

Jum'at, 25 September 2015 10:22  | 

Jimi Hendrix



Jimi Hendrix © istimewa

Kapanlagi.com - Legenda sebuah kata yang mempunyai arti yang makna mendalam tentang suatu kisah di masa lalu. Seseorang disebut legenda tentu karena mempunyai andil besar dengan satu peristiwa bersejarah ataupun telah menjadi bagian dari history.

Begitu juga dengan para musisi yang melegenda, eksistensi mereka di dunia musik dianggap sebagai satu titik perubahan. Tentunya insan-insan musik tersebut berjasa untuk berkembangnya musik seperti saat ini.

Jimi Hendrix adalah pembuat history di dunia musik. Di balik kehidupannya yang hancur akibat pemakaian obat-obatan, kepiawaiannya memainkan gitar tidak diragukan lagi merupakan cikal bakal lahirnya musisi-musisi handal yang kini kalian gemari.

Salah satu lagu yang sangat menginspirasi musisi-musisi idola kalian itu adalah Voodoo Child. Dimainkannya lagu ini oleh Hendrix merupakan awal baru dari lahirnya anak-anak dari musik rock.

Sudah tahu yang ini?

Mengenang 45 Tahun Meninggalnya Sang Legenda Musik, Jimi Hendrix

Ini Alasan Dave Grohl Tak Mau Tonton Film Dokumenter Kurt Cobain

Lama Dinanti, Biopik Dewa Gitar Jimi Hendrix Dapat Lampu Hijau

Sebuah Taman Untuk Dedikasi Jimi Hendrix Segera Dibangun

Andai Saja Musisi Ini Masih Hidup, Mungkin Beginilah Wajah Mereka

(kpl/otx)

1. Voodoo Child - Versi Original Jimi Hendrix

Penampilan Jimi Hendrix di tahun 1969 ini tentunya membuat meledak para musisi yang melihatnya. Jimi menjadi sosok yang mempopulerkan pedal board 'WAH' yang digunakannya dalam pembukaan lagu Voodoo Child.

Pedal board ini akhirnya menjadi titik perkembangan musik rock dunia.  Terbukti dengan banyaknya musisi yang gunakan efek ini pada saat bermain.

Ketika lagu Voodoo Child ini dibawakannya sangat kental sekali nuansa psychedelic rock. Yang lebih mengagumkan lagi penataan sound yang sangat aduhai sekali di telinga! Dengan sentuhan blues dan juga rock, lagu ini akhirnya menarik perhatian beberapa musisi papan atas untuk dibawakan ulang.


Video by: 33Pictures

2. John Mayer

John Mayer menjadi salah satu musisi yang membawakan ulang lagu ini. Namun, cover dari John  sangat berbeda jauh dengan milik Jimi Hendrix.

Pria yang mempunyai kedekatan dengan Katy Perry ini hadirkan nuansa blues modern dalam penampilannya. Sentuhan-sentuhan rock ala-ala John Mayer juga menjadi penghias yang membawa Voodoo Child berbeda dari aslinya.

Sebelumnya, gitaris yang paling digilai John, Stevie Ray Vaughan juga mengcover lagu ini. Memang dalam bermusik, Stevie membawa pengaruh besar untuknya. Coba saja dengarkan melodi-melodi yang ia hadirkan. Kalo bentuk fisiknya sih tato yang tergambar di lengan kirinya.


Video by: domirable

3. Stevie Ray Vaughan

Lanjut ke idola John Mayer, Stevie Ray Vaughan. Pria yang identik dengan topi fendora ini pernah membawakan ulang Voodoo Child dengan versinya sendiri.

Dengan tempo up beat, lick-lick blues digasak mantap oleh pria yang meninggal pada tahun 1990 tersebut. Selain bermain wah dan distorsi, ia juga memaksimalkan suara dari stratocaster yang ia mainkan dengan melepaskan efek distorsi yang digunakannya.

Nuansa bluesy modern sangat kental diperdengarkannya. Beberapa sumber mengatakan salah satu inspirasi SRV adalah Jimi Hendrix, maka tidak salah jika ia memainkan lagu ini.

4. Zakk Wylde

Berhenti sejenak ya bluesy-bluesy ria nya? Saatnya kita beralih ke musik yang lebih garang dan powerful!

Zakk Wylde menjadi nama selanjutnya yang membawakan lagu Voodoo Child. Dia memberikan suasana yang berbeda jauh dengan 3 artis sebelumnya,

Distorsi yang Zakk pasang lebih kencang dari pada musisi-musisi sebelumnya. Juga ketukan drum di pembukaan lagu sudah menjelaskan bahwa lagu ini sangat rock banget. Maklum saja, Zakk merupakan salah satu anggota dari Black Label Society, salah satu grup heavy metal dari Amerika Serikat.

Selain ngerock sebenarnya ada unsur jazzy yang dihadirkan pria brewokan tersebut dalam video ini. Coba saja dengarkan nada-nada yang dibuat oleh sang pemain piano. Meskipun begitu, semua musik yang mereka mainkan ngeblend asik di telinga kok.


Video by: CinemusicaTV

5. Eric Clapton

Terakhir ada nama Eric Clapton yang juga ikut memainkan lagu legendaris dari Jimi Hendrix ini. Berbeda dengan sebelumnya kali ini tidak ada pedal wah yang diinjak di stompbox Eric.

Ia hanya menggunakan distorsi tipis pada stratocasternya untuk gasak lagu Voodoo Child ini. Beatnya juga terkesan pelan dari pada versi aslinya, namun megah dengan atmosfer blues yang sangat kental.

Memang dalam bermusik, Eric Clapton terkenal dengan influnce-influnce yang cenderung mellow seperti BB King, Buddy Guy, Robert Johnson dan Muddy Waters. Beda dengan sahabatnya Stevie Ray Vaughan yang lebih garang.


Video by: JusstPro

(kpl/otx)