Orbitkan Banyak Penyanyi, Bapak One Direction Dapat Penghargaan!

Girindra Permana Cahya  |  Selasa, 03 November 2015 13:22
Orbitkan Banyak Penyanyi, Bapak One Direction Dapat Penghargaan!
One Direction © instagram.com
Kapanlagi.com - Bapak dari One Direction, Simon Cowell baru saja mendapatkan penghargaan karena kontribusinya di industri musik. Seperti yang kita ketahui, Simon banyak mencetak musisi-musisi yang lahir dari ajang pencarian bakat yang diadakannya. Selain itu, ia juga mempunyai andil dalam memajukan industri musik.

Adalah Music Industry Trusts Award 2015 yang direngkuhnya pada Senin malam (2/11), waktu Inggris. Penghargaan ini diberikan langsung oleh boyband yang sukses dibinanya.

Betapa beruntungnya mendapatkan penghargaan yang aku idam-idamkan sepanjang waktu ini dan aku merasa terhantam (kaget .ed).
Simon Cowell
 

Jika kita tengok ke belakang, pria ini merupakan bos di balik acara X Factor yang kini sudah menjamur di berbagai negara, dia juga mempunyai proyek charity. Dengan label yang dibangunnya bernama Syco, posisi Simon juga bisa dibilang sebagai salah satu produser dan distributor penyanyi-penyanyi populer dunia saat ini. Ditambah lagi dengan franchise dari acara-acara pembibitan penyanyi yang diproduserinya, mulai dari Idol series, Got Talent dan The You Generation.

Simon Cowell, sosok yang cukup berpengaruh di industri musik dewasa ini ©fameflynetSimon Cowell, sosok yang cukup berpengaruh di industri musik dewasa ini ©fameflynet

Simon Cowell lahir dari pasangan yang erat kaitannya dengan dunia seni. Ibunya Julie Brett adalah seorang penari balet dan sosialita. Sedangkan sang ayah Eric Selig Phillip Cowell, Sr., sangat dekat dengan dunia yang digelutinya saat ini. Ia merupakan salah satu eksekutif di industri permusikan yang juga aktif di bisnis penjualan property.

Pria yang terkenal cukup pedas ketika memberikan komentar saat menjadi juri ini drop out dari sekolahnya di Dover College saat berusia 16 tahun. Simon Cowell muda kemudian menyibukkan dirinya dengan mencari kerja, namun beberapa kali ia masuk dan keluar dari perusahaan-perusahaan yang menariknya.

Karir seriusnya dimulai saat pria yang lahir pada 1959 ini masuk dalam perusahaan tempat ayahnya bekerja EMI Music Publishing sebagai mailclerck (pengirim dan penerima surat .ed). Di tahun 1979, saat usianya masih 20 tahun, ia dipindahkan menjadi asisten A&R (Aritst & Repertoire) Executive (pencari talent). Dan di sinilah naluri Simon Cowell mulai terasah sebagai pemandu bakat. Kemudian ia keluar dari EMI untuk menjadi salah satu tenaga ahli di E&S Music atas perintah bosnya di EMI, Ellis Rich.

Dalam meniti karirnya, Simon Cowell lewati jalan yang tak mulus © Fameflynet.comDalam meniti karirnya, Simon Cowell lewati jalan yang tak mulus © Fameflynet.com

BMG yang ditukangi-nya berhasil membuat beberapa hits, namun semua itu tak bertahan lama. Pada tahun 1985, Cowell membuka sebuah record label independen bernama Fanfare Record bersama satu kawannya. Cukup singkat buah keberhasilan yang dirasakannya dalam perusahaan buatannya ini. Karena cashflow yang kurang seimbang, record label ini harus gulung tikar pada tahun 1989. Hal tersebut memaksa Cowell untuk kembali hidup bersama orangtuanya.

Tak disangka-sangka, di tahun itu juga Simon mendapatkan tawaran dari BMG Records. Dia kembali menata kehidupannya sendiri dan berhasil merangkak menjadi salah satu jajaran eksekutif di BMG. Kehadirannya memberikan sebuah angin segar untuk perusahaan, 150 juta kopi rilisan dan 70 kali memuncaki top chart UK & US.

Saat penghargaan Music Industry Trusts Award 2015 diberikan oleh One Direction, ada sebuah kata-kata yang dilontarkan salah satu 'anak' Simon, Liam Payne. "Saat kami (1D) memulai karir di X Factor, kami tak pernah menyangka Simon akan mengubah hidup kami," tuturnya.

One Direction merupakan segelintir kisah sukses Simon Cowell di industri musik © splashnews.comOne Direction merupakan segelintir kisah sukses Simon Cowell di industri musik © splashnews.com

Meski terkenal sangat arogan, Simon Cowell pun menerima dengan kata-kata yang manis. "Betapa beruntungnya mendapatkan penghargaan yang aku idam-idamkan sepanjang waktu ini dan aku merasa terhantam (kaget .ed)." Sebuah candaan juga dilemparkannya kepada 'anak-anaknya', "Hey, siapa diantara kalian yang rindu Zayn (Zayn Malik)?"

Prestasi ini didedikasikan Simon Cowell untuk sang ibunda yang meninggal pada Juli lalu dan anaknya yang kini berusia 2 tahun, Eric. "Aku berharap dia (Eric) bisa berdiri di sini 23 tahun yang akan datang saat aku sudah duduk di kursi roda selagi menikmati pack kedua rokok-ku," ucap Simon.

Semoga kisah ini bisa menginspirasi para pembaca untuk berkarya terus dan tidak menyerah dengan apa yang diimpikannya. By the way, selamat ya Simon Cowell!

Sudah tahu yang ini?

Inikah Bukti Jika Zayn Malik Belum Move On Dari Perrie Edwards?

Akhir Dari 'On The Road Tour' 1D, Banjir Teriakan & Tangisan Fans

2 Tahun Pacaran, Liam Payne - Sophia Smith Putus

Usung Musik '80-an, Calvin Jeremy Ingin Sajikan Album Untuk Semua

Cantiknya Ellie Goulding Bawakan Lagu One Direction!

(kpl/otx)

Berikutnya ada penemu bakat One Direction, Simon Cowell. Nampak berbadan tegap di layar kaca ternyata pria ini hanya memiliki tinggi 5.8 kaki atau setara 176 centimeter saja.
7 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -