Nih! 7 Gitaris Dengan Signature Model Milik Mereka Sendiri

Selasa, 14 Oktober 2014 12:35  | 

John Mayer



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Apa sih gitar signature itu? Terus, bedanya apa sama gitar custom?. Pasti masih ada yang belum tahu apa itu gitar signature.

Gitar signature itu simplenya, gitar yang diproduksi oleh pabrikan-pabrikan besar seperti Gibson, Fender, Ibanez, Epiphone, squier, dan lainnya. Dibuat khusus untuk para musisi sesuai dengan karakter permainannya. Mulai dari body gitar, neck, headstock, pickup, tremolo, dan lainnya. Selesai dan sesuai permintaan, gitar itu bakal jadi signature atau artist series milik sang musisi.

Kali ini, KL musik mau ngasih tahu nih, siapa saja sih musisi besar dengan gitar signature milik mereka. Sudah siap? langsung kita lihat satu-satu ya. (kpl/ntn)

1. John Mayer - Fender Stratocaster

Siapa sih yang nggak kenal dengan John Mayer? Gitaris blues paling dilirik wanita jaman sekarang. Tampan, suara merdu, dan permainan gitarnya, jangan tanya deh.

Nah, sesuai dengan gaya permainan John Mayer, Fender, sebagai perusahaan gitar paling besar membuatkan gitar signature miliknya. Menggunakan headstock Fender Stratocaster Vintage, gitar ini ditanamkan juga tiga pickup single coil yang khusus untuk mengurangi suara buzz yang ada. Gitar John Mayer ini mirip dengan gitar milik SRV.

Nah, karena John Mayer memang berpatok pada SRV, otomatis gitar signaturenya tidak perlu terlalu noise. Di tambah dengan blues chord lembut ala BB King.

2. Tom DeLonge - Gibson ES 333

Nggak perlu jadi anak punk untuk suka sama Tom DeLonge. Aksinya sejak bersama Blink 182 memang gokil!. Nah, tapi untuk frontman paling nyentrik ini, dia punya dua signature gitar.

Setelah, Fender Stratocaster Yellow, Tom mendapatkan ES 333 dari Gibson. Gitar khusus yang hanya memakai satu pickup humbucker ini memang berkarakter Tom banget!. Pickup pada gitar ini cuma ada satu pada posisi bridge. Persis Stratocaster miliknya di Blink 182. Pickup ini disebut Dirtyfinger Humbucker.

Meski Humbucker terkenal dengan output sound besar dan anti noise, Tom justru menghasilkan suara gitar yang sustainnya tipis, dan sound crunchy ala musik punk. Wah, Tom DeLonge memang punggawa punk sejati.

3. Avril Lavigne - Fender Telecaster Black

Nah, ini ratu punk sejati, Avril Lavigne. Musiknya yang pas, nggak terlalu cengeng untuk para cowok, membuat karir Avril langsung meroket.

Tapi, apa kalian tahu kalau Avril punya gitar signature?. Ya, Avril mendapat signature series dari Fender. Menggunakan rosewood sebagai material pada fingerboard, menjadikan warna yang pas dengan body gitarnya. Meski Fender terkenal dengan pickup single coil dan suaranya yang nggak terlalu tebal, Avril memilih single humbucker di bridge gitarnya. Dan agar semakin tegas, ditambahkan pickguard dengan motif Checkerboard untuk menegaskan kesannya sebagai lady punk-rock.

Nggak cuma mantan pacarnya saja yang punya signature, Avril pun bisa membungkam para pria dengan aksinya. Punya gitar seperti Avril untuk koleksi, kayaknya oke juga.

4. Billy J. Armstrong - Les Paul Junior Double Cut

Billy joe yang mengawali Green Day dengan musik punk-rock memang nggak mungkin bisa di tawar lagi. Skill dalam memainkan gitar, menulis lirik, dan aksi panggungnya bikin semua orang pasti melirik kebiasaannya bermusik.

Nah, Billy Joe memakai Gibson Les Paul Junior Double Cut. Dengan menggunakan body Les Paul Junior, Billy joe cuma menanamkan pickup humbucker P-90 pada bridge gitar. Meski sound terlalu tajam untuk lead-rythm, Billy Joe punya caranya sendiri dalam bermain gitar.

Sudah sejauh ini, kalian tertarik beli gitar yang mana?. Tenang, sound gitar yang kejam juga bakal kita kasih tahu. Yuk, lanjut ke halaman berikutnya.

5. Jim Root - Jazzmaster Satin Black

Siapapun pasti pernah dengar nama Slipknot. Meski sekarang sudah mempunyai gitaris baru, tapi Jim Root yang telah meninggal justru meninggalkan banyak hal bagi semua orang.

Dengan gitar hitam dan dibalut cat dope, gitar Jazzmaster milik Jim Root termasuk gitar dengan sound mengerikan yang pernah ada. Dua buah pickup humbucker milik EMG, bridge dan neck ditanamkan EMG 60 dan EMG 81. Hasilnya? Coba kalian dengarkan lagu-lagu Slipknot ketika masih bersama Jim Root.

Desain nggak ribet, tapi tetap tampil seram di atas panggung. Gitar ini termasuk gitar yang wajib dimiliki sebagai salah satu koleksi di rumah.

6. B.B King - Gibson ES 335 Memphis B.B King Lucille

Sesuai dengan namanya, B.B King tampil berbeda dengan kebanyakan gitaris blues lainnya. Dengan gitarnya yang mempunyai sejarah sendiri, B.B King menamainya Lucille.

Gitar buatan Gibson dengan body semi-hollow ini sebenarnya dibangun dari Gibson ES 335. Cukup dengan dua buah pickup humbucker dengan sound low yang cukup keras tapi lembut saat bermain dengan sound high. Meski terlihat bongsor dibandingkan dengan gitar-gitar lain milik Gobson, gitar ini tidak setebal yang kalian lihat dan cenderung seperti body Les Paul.

Untuk kalian yang suka blues dan bermain dengan nada-nada lembut, gitar Lucille bisa banget menemani kalian dalam bermusik.  Tapi hati-hati, terlalu lembut, malah jadi jazz.

7. Matt Bellamy - Manson MB-1S

Nah, untuk si profesor musik ini beda cerita. Tidak menggunakan gitar-gitar dari pabrikan besar seperti kebanyakan musisi, Matt memilih manson dan membangun gitar uniknya sendiri.

Dengan menggunakan pickup humbucker milik Manson, gitar Matt ini mampu mengeluarkan high gain crunch dari pickup bridge seperti di lagu Hysteria dan Super Massive Black Hole. Jika kalian perhatikan, setelah bridge, ada midi touch pad. Nah, efek ini dihubungkan Matt ke berbagai macam efek yang digunakan. Hasil soundnya? Super banget guys!.

Kalau kalian suka bereksperimen, gitar ini bisa menjadi teman yang baik untuk memancing ide gila kalian keluar. Tinggal tambah efek sesuai kebutuhan, sound ala musik luar angkasa atau luar galaksi siap keluar dari amplifier.

(kpl/ntn)