Mike Portnoy Dkk Tampilkan Sihir Musik di Rock Fest 2012

Renata Angelica  |  Senin, 12 November 2012 12:42
Mike Portnoy Dkk Tampilkan Sihir Musik di Rock Fest 2012
Mike Portnoy @foto: wikipedia.org

Kapanlagi.com - Kalau penggemar musik cadas di hari pertama penyelenggaraan Rock Fest 2012 telah dihibur oleh Sepultura, di hari kedua PSMS The Amazing Reunion-lah yang menjadi juaranya.

Diisi oleh nama-nama besar di dunia musik internasional, yaitu Mike Portnoy (eks Dream Theater), Derek Sherenian (eks Dream Theater), Tony MacAlpine, dan Billy Sheehan (Mr Big), tentu menjadi jaminan tersendiri bagi pertunjukkan ini.

Mundur dari jadwal sekitar 30 menit lebih, namun petikan gitar MacAlpine yang mengalunkan intro tembang Dream Theater, A Change of Season dan disusul oleh penampakan Sherenian, Sheehan, dan Portnoy yang mengambil instrumen masing-masing, langsung membuat penonton berteriak dan bertepuk tangan.

"Kami akan memberikan penampilan yang sangat keren malam ini. Baik bersama ataupun sendiri-sendiri," ucap Portnoy di Lapangan D Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (11/11) malam.

Benar saja, lewat beberapa tembang yang digelontorkan, mereka mampu membuat penonton terkesima. Tak ada tarian khas semisal moshing atau head banging, namun penonton tertawa, berdecak kagum, bahkan kadang mengumpat kagum.

"Gilaaa! Portnoy dan semuanya emang gila, mereka orang-orang tua yang keren," ucap seorang penonton yang memakai kaos bertuliskan Dream Theater.

Dalam setiap lagu yang dibawakan, seperti Stranger, Apocalypse 1470 BC dan lainnya, masing-masing personil pun menampilkan permainan solo ciamik. Memang, untuk urusan teknik, mereka berempat adalah juaranya. Berbagai pencapaian telah mereka dapatkan di blantika musik dunia.

Tony MacAlpine memulai raungan gitarnya. Kali ini dialah yang mulai pamer kemampuan, disusul oleh Billy Sheehan. Bass yang dibetotnya pun seolah seperti gitar. Sheehan mampu memainkan melodi dalam sebuah harmonisasi. Hingga sampai pada gimmick part reffrain lagu To Be With You milik Mr. Big. Penonton pun tanpa dikomando langsung bernyanyi.

Mike Portnoy yang menjadi magnet utama pun tak mau kalah. Pemilik gelar Best Progressive Rock Drummer pada 1995-2006 ini seperti biasa, selalu memukau dengan penampilan solo drum. Penonton pun hanya bisa geleng-geleng kepala.

Sedangkan Derek Sherenian, punggawa Dream Theater yang keluar pada tahun 1999 ini mulai mengotak-atik keyboard. Bermacam-macam efek suara pun dimainkannya.

Lagu milik Jeff Beck berjudul Pump menjadi baris terakhir penampilan mereka sebelum menampilkan lagu encore, Shy Boy. Di lagu terakhir ini Sheehan juga mengisi vokal, dan Portnoy mengajak penonton untuk ikut bernyanyi dan tepuk tangan memberikan tempo. Tak lupa, Portnoy pun berjanji untuk kembali ke Indonesia nantinya. Dini hari telah menjelang.

"Kalian memang mengagumkan. Saya berjanji akan kembali lagi ke sini," pungkas Portnoy dan diikuti ketiga sahabatnya tersebut yang membungkukkan badan, berpamitan kepada penonton yang masih mengelukan nama mereka. (kpl/ato/rea/adb)


Lihat Arsip Musik

- - -