'Merdeka' Single Baru Efek Rumah Kaca Yang Penuh Kejutan

Girindra Permana Cahya  |  Kamis, 11 Agustus 2016 15:35
'Merdeka' Single Baru Efek Rumah Kaca Yang Penuh Kejutan
Cholil Mahmud - ERK © KapanLagi.com/Girindra Permana

Kapanlagi.com - Setelah meluncurkan album ke-tiganya SINESTESIA pada pertengahan Desember 2015, Efek Rumah Kaca siap untuk melepas satu single baru berjudul Merdeka. Lagu ini nantinya tersedia dan dapat di beli di iTunes mulai tanggal 12 Agustus.

Merdeka adalah materi lama yang telah dikonsep sejak tahun 2006 dan belum pernah direkam sebelumnya. Bersamaan dengan kompetisi video pendidikan yang diadakan oleh inibudi.org, Efek Rumah Kaca merampungkan materi ini dan masuk studio untuk merekam lagu ini pada bulan Maret 2016 silam.

Bicara soal lirik, nantinya pendengar akan dimanjakan dengan lirik ala ERK pada 2 album pertama mereka yang 'pendek dan langsung'. Adrian Yunan didapuk menjadi penulis lirik dengan tujuan memberikan sentuhan dan eksplorasi yang lebih luas untuk penulisan lirik Efek Rumah Kaca.

Dari segi musik, akan ada suara trompet dan trombon yang makin memperkaya instrumen lagu. Tak hanya itu, Adrian juga akan mengisi penuh part vokal yang biasa diisi oleh Cholil Mahmud.

Coverart dari single terbaru Efek Rumah Kaca, Merdeka © Efek Rumah KacaCoverart dari single terbaru Efek Rumah Kaca, Merdeka © Efek Rumah Kaca

Dalam press release yang diterbitkan ERK, Adrian mengatakan bahwa lagu Merdeka adalah satu upaya untuk merenungkan kembali makna kemerdekaan. Jelas lagu ini sangat sesuai dengan momen Hari Perayaan Kemerdekaan Indonesia pada bulan Agustus ini.

“Lagu Merdeka ini merupakan upaya kami untuk merenungkan kembali makna kemerdekaan yang kita miliki. Apakah kita sudah benar-benar merdeka? Apakah kemerdekaan kita sudah menghargai kemerdekaan orang atau bangsa lain? Apakah kemerdekaan ini sudah membawa kita pada keadaan atau situasi yang memanusiakan manusia?” ujar Adrian mengenai lagu Merdeka.

Melalui Merdeka, ERK juga mengajak publik untuk membantu mengirimkan tenaga pengajar ke Papua. Semua hasil dari penjualan lagu di iTunes akan didonasikan.

Peluncuran single ini juga terasa spesial karena menandai bergabungnya Poppie Airil sebagai anggota ke empat ERK. Sejak 2012 silam Poppie menjadi additional ERK untuk menggantikan posisi Adrian.

Jangan Lewatkan!

Soundrenaline 2016 Menampilkan 60 Sampai 70 Musisi Tanah Air

Saat 'Putih' Efek Rumah Kaca Jadi Komikalisasi

Bawa Banyak Lagu, Efek Rumah Kaca Bikin 'Radio Rock Tour #2' Riuh

Tampil di Radio Of Rock Tour, Goodnight Electric Guncang Panggung

'Radio Rock Tour #2', Acara Istimewa Ruru Radio Untuk Kota Malang