Mengenang Lagu-Lagu Taylor Swift Sebelum 'Teracuni' Musik Modern

Penulis: Nizar Zulmi

Diperbarui: Diterbitkan:

Mengenang Lagu-Lagu Taylor Swift Sebelum 'Teracuni' Musik Modern
Taylor Swift ©splash
Kapanlagi.com - Dulu Taylor Swift dikenal sebagai seorang penyanyi country yang berbakat. Ia pun pernah menjadi langganan event country ternama yang diselenggarakan di berbagai daerah di Amerika Serikat.


Belakangan, solois berambut pirang ini lebih dikenal sebagai pop star berkat lagu-lagunya yang catchy dan enak didengar. Yang lebih mengejutkan adalah single Shake It Off yang sangat bertolak belakang dengan karya-karyanya 9 tahun lalu.


Ke manakah perginya ratu country berambut ikal itu? Banyak penikmat musik di luar sana yang lebih senang dengan Taylor Swift yang dulu. Apa saja sih lagu-lagu Swift yang memiliki nuansa country yang kental? Mari sejenak bernostalgia, dan berikan pendapat kalian tentang sederet karya berikut.

1. Teardrops on My Guitar

Kalau kalian mengikuti perjalanan karir musik Taylor Swift, tentunya kalian tahu lagu ini. Teardrops on My Guitar menjadi salah satu hits yang berhasil membuat nama Swift bersinar.

Lagu bertema ballad ini dirilis pada 2006, saat Swift masih berusia 16 tahun. Namun di usia belia, bakatnya mampu membuat banyak orang terpikat. Sentuhan country yang lembut dan membuai jadi kekuatan utama.

Suasana galau benar-benar terasa di lagu ini. Mengusung tema percintaan anak muda, Taylor Swift menggambarkan pedihnya saat orang yang dicintai justru menaruh hati pada orang lain.

Lagu ini memang diaransemen secara sederhana, sehingga lebih nyaman dinikmati. Namun nuansa country-nya masih terasa berkat efek gitar yang khas.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Our Song

Sebagai pendatang baru, Taylor Swift berhasil dilirik salah satunya karena musik yang diusungnya berbeda. Terlebih dengan wajahnya yang charming, banyak yang akhirnya jatuh cinta kepadanya.

Our Song, salah satu lagu dalam debut album self-tittled Taylor Swift juga tak kalah seru. Kemampuannya memadukan musik country dan pop kemudian jadi ciri khasnya dalam bermusik.

Petikan banjo yang menjadi ciri khas genre country juga terdapat dalam lagu ini. Ditambah lagi dengan iringan biola membuat lagu ini makin komplit.

Penyanyi country juga bisa tampil cantik, girly, dan imut kok. Taylor Swift jadi bukti nyatanya.

3. Tim McGraw

Penanda sukses album debut Taylor Swift yakni hampir semua lagunya dijadikan single, alias punya video klip. Dari situ lah, semua yakin bahwa Taylor Swift akan menjadi penguasa jagat musik di masa mendatang.

Mungkin tak banyak yang tahu jika single yang menjadi debut Taylor Swift di industri musik adalah lagu Tim McGraw ini. Dengan lagu ini, ia berhasil mendapat jatah main di komunitas country paling bergengsi, Nashville.

Kehebatan Swift dalam menulis lagu mendapat pengakuan dari berbagai penikmat musik. Semua orang dibuat kagum dengan fakta bahwa Swift menulis sendiri lagu-lagu di album pertamanya itu.

Sebenarnya siapa sosok Tim McGraw ini? Sepertinya gara-gara pria ini nih si cantik Taylor Swift jadi mellow begini.

4. Fifteen

Setelah meraih sukses besar di debut albumnya, Taylor Swift menjawab tuntutan fans untuk segera merilis album kedua. Dan lahirlah FEARLESS yang menunjukkan kedewasaan Swift dalam bermusik.

Dari total 13 lagu, hanya beberapa yang masih cukup memiliki rasa country. Fifteen menjadi salah satunya, single kedua milik solois yang pernah dekat dengan Harry Styles ini masih berbalut musik tradisional Amerika itu.

Di album kedua, Swift bisa dibilang mulai mengalami berbagai perubahan. Tak hanya dari genre yang lebih ngepop, tapi juga lirik yang ia tuangkan terkesan lebih luas dan dewasa.

5. Mean

Beranjak ke album ketiga, bintang cantik ini tampaknya ingin menjawab kritik yang dialamatkan kepadanya. Ia juga kembali ke jati dirinya yang sebenarnya dengan mengusung country sebagai landasan utama albumnya.

Salah satu lagu tersukses dalam album SPEAK NOW ini adalah Mean. Single ini mengantarkan Taylor Swift meraih Grammy Award dalam kategori lagu country terbaik dan penampilan country terbaik pada 2012, hebat nggak tuh?

Menyajikan video klip ala broadway, aksinya bahkan disajikan secara live saat menerima dua piala yang kita bicarakan tadi. Dengan raihan tersebut, Taylor Swift dan country bagai tak terpisahkan.

Kini sang ratu country memutuskan telah keluar dari zona nyaman. Entah karena mengikuti tren musik masa kini, atau karena memang ia ingin mengikuti naluri bermusiknya. Dari kelima lagu di atas, mana yang paling kalian suka?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending